Pemkab Cianjur Minta Bantuan Pemerintah Pusat untuk Bangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu

- 13 Juli 2023, 20:20 WIB
Bupati Cianjur Herman Suherman
Bupati Cianjur Herman Suherman /ANTARA

PRFMNEWS - Pemerintah Kabupaten Cianjur meminta bantuan Pemerintah Pusat untuk membangun Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Cikalongkulon.

Bupati Cianjur Herman Suherman mengatakan, pembangunan TPST akan menjadi solusi atas masalah kelebihan kapasitas di Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA) Pasirsembung.

Nantinya, kata Herman, konsep TPST bukan sebagai tempat pembuangan sampah namun sebagai tempat pengolahan sampah menjadi pupuk organik dan olahan lainnya agar tidak cepat kelebihan kapasitas.

Baca Juga: Kebun Kelapa Sawit di Pedalaman Aceh Diserang Gajah Liar

"Kami sudah berkomunikasi dengan kementerian di pusat alasan pembangunan TPAS di Desa Mekarsari tidak dapat dilaksanakan karena bukan bencana alam, sehingga pembangunannya harus melalui daftar isian pelaksanaan anggaran," bebernya.

Dijelaskan Herman, dana untuk pembangunan TPST diusulkan berasal dari Pemerintah Pusat sedangkan tanahnya disediakan Pemkab Cianjur.

"Karena keterbatasan dana yang dimiliki Pemkab Cianjur, dan saat ini masih fokus dalam rehabilitasi dan rekonstruksi setelah gempa," ucapnya.

Baca Juga: Prabowo Miliki Citra yang Mudah Diterima Semua Kalangan, Kata Peneliti Lingkaran Survei Indonesia

Selama ini, kata Herman, penanganan sampah bukan hanya kepentingan daerah termasuk Pemerintah Pusat, sehingga diharapkan TPST di Desa Mekarsari dapat terealisasi tahun depan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x