CEK FAKTA : Benarkah Prabowo Mengakui Kecurangan Pemilu 2024?

- 22 Februari 2024, 19:45 WIB
Prabowo Subianto saat menghadiri Rakerda APDESI di Bandung Kamis, 23 November 2023.
Prabowo Subianto saat menghadiri Rakerda APDESI di Bandung Kamis, 23 November 2023. /Kemhan/

PRFMNEWS - Beredar sebuah video di media sosial WhatsApp yang menampilkan sosok Prabowo Subianto yang menyampaikan hal-hal terkait dugaan kecurangan Pemilu. Video tersebut disebarkan dengan narasi yang menyebutkan Prabowo mengakui kecurangan pada Pemilu 2024.

Berikut narasi yang menyertai video tersebut:

"Akhirnyaaaa....Prabowo Mengakui Kecurangan Pemilu 2024 dan dia pun sadar bahwa dirinya tak lama lagi hidup untuk apa jabatan katanya”

Dikutip dari cekfakta.com, didapati fakta bahwa video tersebut merupakan potongan video lama yang diunggah pada 2014 silam. Video tesebut diunggah oleh kanal YouTube Prabowo, dengan judul “Pesan Video Prabowo Subianto | 25 Juli 2014”.

Dalam video berdurasi 23 menit 27 detik itu, Prabowo menyampaikan banyak hal, termasuk adanya dugaan kecurangan pada Pemilu 2014 yang telah digelar pada 9 Juli 2014.

Diketahui pada Pemilu 2014 lalu, Prabowo menduduki nomor urut 01 bersama dengan Hatta Rajasa, dan nomor urut 02 diduduki oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla.

Pada pemilu tersebut, Jokowi – Jusuf Kala memenangkan kontestasi Pemilu dengan perolehan suara 53,15%. Namun, pasangan Prabowo-Hatta menyatakan bahwa terdapat kecurangan-kecurangan yang masif dan sistematis dalam pergelaran pesta demokrasi tersebut.

“Dalam pemilihan presiden yang baru lalu, kita temukan kecurangan-kecurangan yang terlalu banyak, kecurangan-kecurangan yang terlalu masif, yang terlalu sistematis. Kita juga mengalami bahwa penyelenggara pemilu tidak adil, memihak salah satu kontestan," ujar Prabowo pada video yang beredar di menit 6.22 hingga 8.00.

Dengan demikian, klaim pada narasi yang menyebutkan bahwa video tersebut berkaitan dengan Pemilu 2024, tidak benar.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x