Selidiki Penyebab Monyet Liar Masuk Permukiman, Diskar PB Kota Bandung: Jika Ganggu Akan Dilumpuhkan

- 9 Maret 2024, 13:00 WIB
Monyet Liar di Rancanilem, Rancaekek, Kabupaten Bandung Jumat, 8 Maret 2024.
Monyet Liar di Rancanilem, Rancaekek, Kabupaten Bandung Jumat, 8 Maret 2024. /Instagram @amaliasolihat24

BANDUNG, PRFMNEWS – Terkait fenomena kawanan monyet ekor panjang berkeliaran masuk ke area permukiman warga, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Barat terus menelusuri penyebab hewan liar tersebut bisa berada di luar habitat asal mereka.

Bahkan Diskar PB Kota Bandung sudah menyiapkan rencana apabila monyet-monyet liar tersebut sudah sangat meresahkan warga karena mengganggu atau berperilaku ganas, maka pihaknya akan bertindak represif dengan melumpuhkan primata yang terakhir dilaporkan warga sudah sampai wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Kepala Diskar PB Kota Bandung Gun Gun Sumaryana mengungkapkan saat ini pihaknya masih mempelajari penyebab fenomena keberadaan monyet-monyet liar tersebut terjadi, apakah ada kaitannya dengan ekosistem alam yang terganggu, atau memang lepas dari kandangnya atau sengaja dilepaskan oleh sang pemilik.

Baca Juga: Besok Wargi Bandung Bisa Beli Beras Murah dan Bahan Pokok Lain di Lokasi ini, Acara Mulai Jam 7 Pagi

“Apakah monyet-monyet ini lepas dari koloni, misalkan ada benturan rebutan wilayah, atau ini adalah penangkaran yang mungkin saja pemiliknya melepas. Ini banyak hal yang harus kita selidiki,” kata Gun Gun di Kota Bandung, Jumat 8 Maret 2024.

“Kita juga dengan BBKSDA apabila nanti memang sudah mengganggu dan ganas, harus dilumpuhkan,” imbuhnya.

Dia pun memastikan sejauh ini pihaknya telah menerjunkan personel ke lokasi-lokasi di area Kota Bandung yang didatangi kawanan monyet liar itu karena belakangan dianggap sudah mulai meresahkan bagi masyarakat.

Baca Juga: Dari Cileunyi, Kawanan Monyet Liar Kini Sudah Sampai di Rancaekek Kabupaten Bandung

“Tim Rescue selalu mengikuti dan kita tetap kejar kawanan monyet, meskipun di permukaan terlihat ada atau tidak. Tetapi tetap kita menerjunkan personel selama itu ada di wilayah kami,” ungkapnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah