Ketua Satgasus PKL Kota Bandung Bicara Solusi Atasi Kemacetan Jalan Dipatiukur

- 11 Februari 2024, 19:00 WIB
Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Bandung
Ilustrasi kemacetan arus lalu lintas di Kota Bandung /NETIZEN PRFM

PRFMNEWS – Ketua Satuan Tugas Khusus (Satgasus) Pedagang Kaki Lima (PKL) Kota Bandung, Ema Sumarna, membeberkan upaya yang segera dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung untuk mengatasi kemacetan lalu lintas di kawasan Jalan Dipatiukur.

Ema Sumarna menyampaikan, solusi mengatasi kemacetan di sekitar Jalan Dipatiukur (DU) yang segera diberlakukan Pemkot Bandung antara lain penataan dan penertiban para PKL serta parkir liar yang selama ini mempersempit ruang gerak kendaraan yang melintas.

Strategi mengurangi tingkat kemacetan melalui penataan dan penertiban para PKL serta parkir liar ini bukan hanya dilakukan di ruas Jalan Dipatiukur, melainkan juga Jalan Teuku Umar dan Jalan Sisingaperbangsa yang lokasinya berada di sekeliling kampus Universitas Padjadjaran (Unpad) DU.

Baca Juga: Pembangunan Tol Getaci Dimulai dari Gedebage, Benarkah Akan jadi Jalan Tol Terpanjang di Indonesia?

Terkait penataan PKL, Ema Sumarna menyatakan, mereka yang selama ini berjualan di kawasan Jalan Dipatiukur hingga Teuku Umar akan dipindahkan ke lokasi baru yakni area utara Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju).

Begitu pula untuk menertibkan parkir liar yang sejauh ini masih terjadi di sekitar Jalan DU hingga Teuku Umar, juga akan disiapkan tempat baru di area utara Monju. Sehingga Pemkot Bandung akan mendesain tata letak yang sesuai agar PKL dan parkir kendaraan dapat tertata di lokasi yang sama.

“Pagi tadi saya meninjau ke Monumen Perjuangan Bandung. Kapasitas saya di sini yaitu sebagai Ketua Satgasus PKL Kota Bandung. Insya Allah PKL yang ada di kawasan Jalan Dipatiukur dan Teuku Umar akan segera ditata dan direlokasi ke tempat yang sudah disediakan,” ujar dia, Minggu 11 Februari 2024.

Baca Juga: Ternyata ini Alasan Proyek Lama BIUTR Tak Kunjung Dibangun untuk Solusi Kemacetan Gedebage

“Untuk parkir, saya sudah perintahkan jajaran Dishub agar nantinya para pengunjung bisa memarkirkan kendaraannya tidak di sembarang tempat yang dapat menimbulkan kemacetan. Semoga dengan berbagai upaya ini, estetika kota ini dapat hadir dan menjadi lebih baik lagi,” imbuhnya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x