Rampung Dibangun, Kolam Retensi Margahayu Raya Bakal Punya Fungsi Ganda

- 30 Januari 2024, 14:30 WIB
Pj Wali Kota Berharap Kolam Retensi Margahayu Raya Segera Diresmikan Setelah Koordinasi Pengelolaan Selesai
Pj Wali Kota Berharap Kolam Retensi Margahayu Raya Segera Diresmikan Setelah Koordinasi Pengelolaan Selesai /Dok. bandung.go.id/

BUAHBATU, PRFMNEWS – Pembangunan Kolam Retensi Margahayu Raya di wilayah RW 01-09 Kelurahan Sekejati, Kecamatan Buahbatu, Kota Bandung telah selesai. Saat ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung terus berkoordinasi dengan aparat kewilayahan dan kelompok masyarakat setempat untuk memaksimalkan tahap pemeliharaan dan teknis pengelolaan sebelum peresmian.

"Kami sudah berkomunikasi dengan aparat di kecamatan dan kelurahan, juga dengan kelompok masyarakat. Secara fisik, kolam retensi ini sebetulnya sudah selesai hanya tinggal pemeliharaan," ujar Pj Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono saat meninjau kawasan Kolam Retensi Margahayu Raya, Senin 29 Januari 2024.

"Tinggal mengenai pengelolaannya. Dari aspek infrastruktur, ini akan dikelola DSDABM (Dinas Sumber Daya Air dan Bina Marga). Namun untuk pengelolaan harian, nanti kami minta aparat kecamatan, kelurahan, kelompok masyarakat bersama DSDABM untuk berkomunikasi. Titik temunya sudah ada, tinggal nanti didetailkan," imbuhnya.

Baca Juga: Selain Cegah Banjir Bandung, Kolam Retensi Margahayu Raya Akan Dilengkapi Fasilitas Tambahan untuk Warga

Bambang Tirtoyuliono menjelaskan, fungsi kolam retensi ini bukan hanya didesain sebagai infrastruktur untuk mengurangi potensi banjir di wilayah Margahayu Raya dan Ciwastra, melainkan juga sebagai ruang publik dengan fasilitas yang disiapkan agar bisa dimanfaatkan warga.

"Jadi bukan hanya fungsi sebagai parkir saja. Melainkan juga ruang publik bagi masyarakat. Manfaat dari seluruh aspeknya harus maksimal. Oleh karenanya kami akan terus berkoordinasi, dan kami optimis kolam retensi ini dapat diresmikan dalam waktu yang tidak terlalu lama," terangnya.

Bambang menyebutkan berbagai aspek penunjang operasional Kolam Retensi Margahayu Raya sedang dalam proses penyempurnaan.

Berbagai aspek ini antara lain lampu penerangan serta alat penunjang keamanan. Pasalnya, kolam retensi ini juga didesain sebagai ruang publik yang digunakan masyarakat berkumpul atau anak-anak bermain. Selain itu, ada area yang dipergunakan sebagai lokasi kuliner.

Baca Juga: Pemkot Bandung Siapkan lagi Kolam Retensi di Margahayu Raya untuk Cegah Potensi Banjir

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x