TPA Sarimukti Mulai Dibuka Siang Ini Meski Masih Terbatas

- 1 September 2023, 15:27 WIB
Gunungan sampah di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat
Gunungan sampah di TPA Sarimukti Kabupaten Bandung Barat /Pemkot Bandung

PRFMNEWS - Meski masih terbatas, Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sarimukti di Kabupaten Bandung Barat mulai siang ini kembali beroperasi. Jam operasionalnya dibatasi hingga pukul 18.00 WIB.

Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna menyambut baik keputusan tersebut. Menurutnya, meski masih dibatasi namun keputusan itu sangat penting untuk penanganan darurat sampah kawasan Bandung Raya.

"Saya pantau terus, konon katanya jam 1 nanti itu sudah bisa bergerak,cuman baru bisa sampai pukul 6 sore, jadi lumayan daripada tidak sama sekali," ujar Ema Sumarna di Balaikota Bandung, Jumat 1 September 2023.

Baca Juga: Bupati Bandung Raih Penghargaan Indonesia Award 2023 Inews Media Grup

Ema Sumarna melanjutkan, Kota Bandung saat ini sedikitnya ada 13 ribu ton sampah yang belum bisa diangkut pasca kebakaran yang melanda TPAS Sarimukti dua pekan lalu. Dari jumlah tersebut kota Bandung sendiri tengah berupaya menyiasati tumpukan sampah selama sepekan terakhir dengan berbagai cara.

"Ini volume sudah kita coba kurangi, organiknya sedang kita timbun di lubang yang sedang kita siapkan. Tapi kalau mulai hari ini (TPA Sarimukti) sudah bisa beroperasi, kami ucap kan terimakasih kepada pak Gubernur dan jajaran DLHK Provinsi yang sudah bekerja secara optimal. Tentunya ini sangat menguntungkan bukan hanya untuk kota Bandung," jelas Ema Sumarna.

Berkenaan dengan ritase sampah yang bisa diangkut ke Sarimukti mulai hari ini, Ema Sumarna mengaku belum mengetahui secara pasti. Namun satu hal, jumlah ritasi sampah dari kota Bandung sebanyak 241 rit diakuinya sangat mustahil bisa segera selesai.

Baca Juga: Menteri PUPR Cari Skema Pembiayaan Rumah yang Tepat Bagi Milenial

"Saya belum tahu, yang jelas kalau kita biasa 241 itu sangat tidak mungkin, itu juga kalau dari pagi sampai malam. Paling mungkin 30 persenan dari yg biasa itu baru bisa diangkut," katanya.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x