Disdik Kota Bandung Tegaskan Tidak Ada Tes Calistung untuk Anak Masuk SD

- 16 Mei 2023, 12:20 WIB
Ilustrasi calistung.
Ilustrasi calistung. /Pixabay/

PRFMNEWS – Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2023, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bandung tegaskan tidak ada Tes Baca Tulis dan Hitung (Calistung) bagi anak yang akan masuk Sekolah Dasar (SD).

Sebagaimana diketahui, Calistung kerap dijadikan tolok ukur untuk anak yang hendak masuk SD, baik dari orang tua ataupun tenaga pendidik.

Disdik Kota Bandung memastikan saat anak akan memasuki SD yang utama bukanlah Calistung, melainkan kemampuan fondasi atau kemampuan dasar.

Baca Juga: Jadwal PPDB SMA/SMK 2023 di Jabar Dimulai Juni Mendatang

“Mulai tahun ini, Dinas Pendidikan Kota Bandung memastikan peserta didik yang akan masuk SD, baik yang sudah mengikuti PAUD ataupun belum pernah bersekolah tidak perlalu melalui terlalu banyak penyesuaian kemampuan seperti Calistung,” jelas Disdik Kota Bandung pada akun Instagram resminya.

Terkait hal tersebut, Kemdikbud secara tegas melalui PP Nomor 17 Tahun 2010 serta Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021, melarang penerimaan siswa baru tingkat SD menerapkan Tes Calistung.

Sebagaimana pada pasal 30 ayat 3 Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021 yang berbunyi ‘Seleksi calon peserta didik baru kelas 1 (satu) SD tidak boleh dilakukan berdasarkan tes membaca, menulis, dan/atau berhitung’.

Baca Juga: Simak Jadwal dan Jalur PPDB 2023 untuk SMA, SMK dan SLB di Jawa Barat

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x