Rastik Bandung, Bikin Karya Antik dari Bahan Bekas: Baju Kulit Jengkol dan Wastafel Mesin Jahit

- 23 Januari 2022, 10:44 WIB
Rastik, Sulap Kulit Jengkol Jadi Busana
Rastik, Sulap Kulit Jengkol Jadi Busana /HUMAS BANDUNG


PRFMNEWS - Komunitas barang bekas antik atau Rastik asal Kota Bandung berhasil membuat karya unik dan langka berupa baju dari kulit jengkol dan wastafel berbahan dasar mesin jahit bekas.

Komunitas Rastik yang berasal dari Jalan Pamitran IV no. 22, Cipadung Kulon adalah salah satu pegiat lingkungan yang sukses menyulap sampah atau barang bekas menjadi karya berdaya guna dan bernilai ekonomi.

Sejak 10 tahun, komunitas Rastik berkutat dalam pengolahan sampah anorganik. Di antaranya sampah plastik, logam, dan elektronik.

Baca Juga: Pusat Vaksinasi Buat Pohon Natal Setinggi 3 Meter dari 19 Ribu Vial Bekas Vaksin Covid-19

Ada satu karya yang sangat menarik pernah dibuat oleh Rastik, yakni wastafel. Wastafel ini bukan terbuat dari ember, batu, atau kayu, melainkan berbahan dasar barang elektronik bekas, yakni mesin jahit manual dan monitor tabung.

Melansir situs resmi Pemkot Bandung, founder dan creator Rastik, Enie Mualifah mengatakan, pembuatan wastafel unik ini dikerjakan selama dua minggu dibantu timnya.

“Kantor kelurahan sempat pesan wastafel ini di kami. Waktu itu kami jual Rp1,5 juta karena memang bahannya sekarang susah dicari ya, mesin jahit manual yang pakai kaki, dan monitor tabung,” ucapnya.

Wastafel cuci tangan yang terbuat dari mesin jahit bekas karya Rastik.
Wastafel cuci tangan yang terbuat dari mesin jahit bekas karya Rastik. HUMAS BANDUNG

Baca Juga: Ide-ide Kreatif Pemuda Kircon Kini Difasilitasi lewat Youth Space

Enie dan tim juga berhasil membuat baju berbahan dasar bekas kulit jengkol. Bahkan, baju ini mendapatkan penghargaan dari Atalia Praratya tahun 2017, semasa Ridwan Kamil masih menjadi Wali Kota Bandung.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x