Jangan Bingung, Ini Langkah Pertama Jika Anda Merasa Terpapar Covid-19

- 3 Juni 2021, 13:31 WIB
Ilustrasi Covid-19.
Ilustrasi Covid-19. /Dok PRFM.


PRFMNEWS - Dinas Kesehatan Kota Bandung memberikan penjelasan prosedur penanganan Covid-19 bagi masyarakat yang masih bingung harus melakukan apa.

Pasalnya redaksi PRFM kerap menerima pertanyaan-pertanyaan terkait langkah pertama yang harus dilakukan apabila merasa bergejala Covid-19 atau sudah positif dari hasil tes.

Kadinkes Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengungkapkan ada dua langkah yang bisa dilakukan oleh masyarakat terkait penanganan Covid-19.

Baca Juga: Gedung Sate Lockdown, Ternyata Berasal dari Klaster Baru Ini

Langkah pertama, jika seseorang positif Corona, diduga kontak erat, ataupun bergejala tapi tidak darurat maka segera melapor ke Puskesmas atau RT setempat.

"Kalau seseorang terkonfirmasi positif atau diduga kontak erat atau gejala, nomor satu hubungi puskesmas atau RT setempat, karena itu Satgas," ujar Ahyani saat on air di Radio 107,5 PRFM News Channel, Kamis 3 Juni 2021.

Setelah itu nantinya ada petugas dari Puskesmas yang akan memeriksakan kesehatan Anda, lalu akan diberi arahan apakah cukup isolasi mandiri di rumah atau dirujuk ke rumah sakit.

Baca Juga: Gawat! Dinkes Kabupaten Bandung Sebut Kasus Covid-19 Usai Libur Lebaran Melonjak, Rata-Rata 60 Kasus per Hari

Sementara langkah kedua adalah bagi seseorang yang sudah darurat Covid-19 seperti ada gejala berat akibat penyakit bawaan maka segera menghubungi nomor 119.

Melalui layanan kedaruratan call center 119 maka yang bersangkutan akan segera mendapat layanan medis oleh fasilitas kesehatan setempat yang dijadikan rumah sakit rujukan Covid-19.

Halaman:

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x