Daftar 6 Komunitas di Kota Bandung yang Unik dan Kreatif, Nomor 4 Cocok Bagi Pecinta Wisata Hidden Gem

- 6 Juni 2024, 17:20 WIB
Pembukaan rangkaian PKN (Pekan Kebudayaan Nasional) di Lumbung Permainan Rakyat Komunitas Hong Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat 11 Agustus 2023.
Pembukaan rangkaian PKN (Pekan Kebudayaan Nasional) di Lumbung Permainan Rakyat Komunitas Hong Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat 11 Agustus 2023. /Yusuf Adji/Literasi News

 

PRFMNEWS – Menyandang predikat Kota Kreatif, Bandung memiliki banyak komunitas yang aktif dan membanggakan, selain wisata dan kuliner yang juga dikenal di Kota Kembang ini.

Tak heran, Kota Bandung menjadi rumah nyaman bagi berbagai komunitas kreatif dan unik yang cocok untuk kalangan anak-anak, remaja, hingga dewasa. Sehingga komunitas-komunitas ini menjadi kebanggaan warga.

Komunitas-komunitas ini tidak hanya berperan melestarikan budaya dan sejarah di Kota Bandung, tetapi juga mengembangkan hobi dan keahlian para anggotanya.

Baca Juga: 19 Rekomendasi Tempat Brunch di Bandung dengan Menu Paling Enak, Wajib Coba!

Aktivitas berbagai komunitas di Kota Bandung ini antara lain berkaitan dengan pelestarian permainan tradisional, menjelajahi tempat wisata hidden gem atau tersembunyi, pecinta film scientific fiction, hingga mempelajari aksara kuno.

Berikut 6 (enam) komunitas di Kota Bandung yang selalu bikin bangga berkat keunikan dan kreativitas para anggotanya yang bisa kamu ikuti.

1. Komunitas Hong
Komunitas Hong berdiri sejak tahun 2003 dengan tujuan melestarikan permainan rakyat yang berlokasi di Kampung Kolecer. Kegiatan komunitas bertujuan menjaga agar permainan tradisional tidak terlupakan dan tetap bisa dinikmati oleh anak-anak di era digital masa kini.

Dengan berbagai permainan tradisional, Komunitas Hong menciptakan ruang bagi anak-anak untuk bermain secara langsung dan berinteraksi tanpa intervensi gawai dan media sosial. Kegiatan ini tidak hanya melestarikan budaya, tetapi juga mendukung perkembangan sosial anak-anak.

2. Komunitas Aksakun
Komunitas Aksakun, singkatan dari Aksara Kuno Nusantara, berfokus pada pelestarian simbol tulisan masa lampau tergerus zaman sehingga semakin terlupakan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah