Jadwal dan Lokasi Contraflow di Tol Transjawa Mulai Besok, Antisipasi Macet Libur Imlek-Isra Miraj 2024

- 6 Februari 2024, 19:43 WIB
Ilustrasi  contraflow di Tol Jakarta - Cikampek. Akan ada contraflow di Tol Transjawa di Long Weekend ini.
Ilustrasi contraflow di Tol Jakarta - Cikampek. Akan ada contraflow di Tol Transjawa di Long Weekend ini. /Dok Jasa Marga.

PRFMNEWS - Korlantas Polri memberlakukan rekayasa lalu lintas (lalin) contraflow atau lawan arus secara situasional di ruas jalan Tol Trans Jawa termasuk Jakarta – Cikampek (Japek) guna mengantisipasi kemacetan pada masa libur long weekend peringatan Isra Mi'raj dan Tahun Baru Imlek 2024.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaidi mengatakan sosialisasi jadwal dan titik lokasi penerapan contraflow di ruas jalan Tol Trans Jawa sudah disosialisasikan oleh pihaknya termasuk melalui media sosial.

Keputusan waktu dan titik lokasi diberlakukannya rekayasa lalin contraflow, ujar Eddy, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Kakorlantas Polri, dan Dirjen Bina Marga Kementerian PUPR Nomor: UM.207/6/15/DJPD/2024.

“Penerapan sistem contra flow selama masa libur panjang memperingati Isra Miraj Nabi Muhammad SAW dan Tahun Baru Imlek 2024,” kata Eddy, dikutip Selasa, 6 Februari 2024.

Baca Juga: Perhatian! Bandung Diprediksi Macet Karena Ada Long Weekend

Waktu pelaksanaan contraflow ini terbagi atas masa arus mudik dan arus balik yang rencananya diterapkan mulai Rabu, 7 Februari 2024 besok. Namun ia menegaskan bahwa rekayasa lalin ini bersifat situasional tergantung pada volume kendaraan yang melintas.

“Pelaksanaan sistem contraflow bersifat situasional, sesuai dengan diskresi kepolisian,” sebutnya.

Jadwal contraflow

Berikut jadwal penerapan contraflow di Tol Trans-Jawa selama libur Isra Miraj dan Imlek 2024 yang dibagi menjadi periode arus mudik dan arus balik:

Arus Mudik

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x