Alasan Wamenag Sebut Ganjar Pranowo di Tayangan Adzan Stasiun TV Bukan Politik Identitas

- 13 September 2023, 19:00 WIB
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki menilai, tayangan adzan tampilkan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo tidak dapat dianggap sebagai politik identitas.
Wamenag Saiful Rahmat Dasuki menilai, tayangan adzan tampilkan bakal calon Presiden Ganjar Pranowo tidak dapat dianggap sebagai politik identitas. /Humas Kemenag/

PRFMNEWS - Wakil Menteri Agama (Wamenag) Saiful Rahmat Dasuki menilai tayangan adzan yang menampilkan sosok bakal calon presiden (capres) Ganjar Pranowo di stasiun televisi (TV) swasta bukan termasuk politik identitas.

"Kalau menurut saya nggak (politik identitas)," ujar Wamenag Saiful, dikutip prfmnews.id dari ANTARA, Rabu 13 September 2023.

Saiful pun menjelaskan alasan di balik pandangannya bahwa sosok Ganjar Pranowo ada di tayangan adzan stasiun TV swasta bukanlah bentuk dari politik identitas.

Baca Juga: Perdana di Shopee Live! Meriahnya Flash Sale Mobil 9RB Bareng Sarwendah Diikuti 180.000 Orang Lebih Bersamaan

Menurut dia, kehadiran Ganjar Pranowo di tayangan adzan tersebut tidak merusak makna adzan itu sendiri. Apalagi dia melihat tidak ada satupun atribut politik yang dikenakan bakal capres dari PDI Perjuangan (PDIP) itu dalam video adzan.

"Adzan itu, kan, apa ya, bagian dari syiar saja. Kecuali kalau memang identitasnya itu 'Aku A, Anda B', itu tidak boleh. Itu kan hanya bagian dari apa ya, ritual yang wajar," ujar Wamenag.

Kendati demikian, Saiful menegaskan bahwa Kementerian Agama (Kemenag) tetap mengampanyekan agar politik identitas tidak terjadi lagi pada Pemilu Pilpres maupun Pileg 2024.

Baca Juga: Panglima TNI Ingatkan Prajurit TNI Dilarang Terlibat Politik Praktis dan Harus Jaga Netralitas di Pemilu 2024

Menurutnya, polarisasi yang terjadi pada pemilu sebelumnya harus dijadikan pelajaran agar masyarakat tak terpecah.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x