Pemerintah Pusat Targetkan Produksi Gabah di Jawa Barat Capai 11 Ton Tahun Depan

- 6 Desember 2023, 21:30 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Soreang, Kabupaten Bandung pada hari ini Rabu, 6 Desember 2023.
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Soreang, Kabupaten Bandung pada hari ini Rabu, 6 Desember 2023. /Budi Satria/prfmnews

PRFMNEWS - Menteri Pertanian Republik Indonsia, Andi Amran Sulaiman menargetkan Provinsi Jawa Barat mampu memproduksi sebanyak 11 juta ton gabah pada tahun 2024.

Amran menyatakan, angka tersebut harus tercapai guna menekan impor beras dampak fenomena El Nino.

“Nah ke depan bagaimana kita bisa menekan impor tahun depan, karena sekarang ini impor kita 3,5 juta (beras) itu bisa naik lagi, kalau kita tidak tekan dari sekarang,” ujarnya usai mengikuti tanam padi di Desa Gajahmekar Kecamatan Kutawaringin, Kabupaten Bandung, Rabu 6 Desember 2023.

Baca Juga: 7 Tempat Jual Cromboloni di Bandung, Varian Croissant yang Viral di TikTok

Amran menjelaskan pada kondisi saat ini, Indonesia berada pada kondisi El Nino di level paling parah yang dapat mengancam produksi beras dalam negeri.

“Indonesia berada pada dampak El Nino yang paling dahsyat. Yang terpenting sekarang kita bisa mengamankan pangan dan menekan impor beras tahun depan,” bebernya.

Oleh karena itu, Amran meminta kepada para petani di Jawa Barat untuk mempercepat tanam agar Indonesia kembali bangkit dengan meletakkan pondasi yang kuat untuk mewujudkan swasembada pangan.

Baca Juga: Mayat Pria Ditemukan dalam Mobil yang Terparkir di Area Parkir Stasiun Bandung

Diharapkan Amran, target produksi gabah pada tahun 2024 di Jawa Barat bakal terealisasi dengan didukung saluran irigasi dari berbagai bendungan yang telah dibangun oleh pemerintah pusat untuk mengantisipasi kekeringan tahun depan.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan

Sumber: ANTARA


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x