Kata BMKG Soal Tasikmalaya Diguncang Gempa Bumi 4,6 M Pagi Ini

- 22 Juli 2023, 10:34 WIB
Ilustrasi gempa bumi.
Ilustrasi gempa bumi. /PRFM

 

PRFMNEWS - Gempa bumi berkekuatan 4,6 M mengguncang wilayah Tasikmalaya dan sekitarnya, pada Sabtu 22 Juli 2023 pukul 05.41 WIB.

Berdasarkan hasil analisa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ini berlokasi di laut dengan jarak 106 KM barat daya Tasikmalaya pada kedalaan 4 KM.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang, Hartanto mengungkapkan, pemicu terjadinya gempa tersebut akibat aktivitas sesar di bawah laut.

Baca Juga: Pemkab Cianjur Minta Bantuan Percepatan Pembangunan Sekolah Rusak Akibat Gempa ke Pemerintah Pusat

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar bawah laut," kata Hartanto dalam keteranganya.

BMKG juga mencatat, gempa yang berpusat di Tasikmalaya ini juga dirasakan oleh daerah lainnya seperti Banjaran, Pameungpeuk, Cikelet, Cidaun, Ciamis dan Cijulang dengan skala intensitas III MMI.

Baca Juga: Pemprov Jabar Kawal Pencairan Dana Stimulan Korban Gempa Cianjur, Sudah Rp71,9 M yang Cair

Selain itu jua dirasakan di wilayah Kabupaten Pangandaran dengan skala intensitas II - III MMI. Begitu pun di wilayah Kertasari, Pangalengan, Cipamingkis dengan skala intensitas II MMI.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," terangnya.***

Editor: Rizky Perdana


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah