5 Makanan Ini Bisa Bantu Mengurangi Depresi

- 6 Februari 2020, 20:26 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi //pixabay.com/

BANDUNG, (PRFM) - Beberapa jenis makanan ternyata bisa menekan rasa depresi. Hal tersebut mengingat gangguan kesehatan mental seperti depresi erat kaitannya dengan nutrisi yang diserap tubuh manusia.

Mengutip laman www.boldsky.com, nutrisi dapat memainkan peran utama dalam mengurangi tingkat depresi yang sedang dialami.

Sejumlah penelitian pun telah membuktikan bahwa nutrisi seperti karbohidrat, protein, asam lemak omega 3, vitamin B, folat, kalsium, kromium, yodium, dan selenium dapat menurunkan tingkat depresi.

Apa saja jenis makanan yang bisa menekan rasa depresi, berikut rangkumannya:

1. Buah

Buah-buahan yang kaya akan vitamin dan mineral seperti folat, vitamin B, vitamin D dan selenium dapat membantu menurunkan risiko depresi dan dapat meningkatkan mood Anda. Konsumsilah buah-buahan seperti apel, pisang, grapefruit, beri, dan buah jeruk secara teratur untuk menurunkan tingkat depresi yang sedang dialami.

2. Sayuran

Sama seperti buah-buahan, sayuran juga sangat penting untuk mengurangi risiko depresi.Tingkatkan konsumsi sayuran seperti kubis Brussel, kubis, dan bayam karena kaya akan folat, zat besi, vitamin B dan nutrisi penting lainnya.

3. Ikan

Jenis-jenis ikan seperti makarel, salmon, tuna, sarden dan trout merupakan sumber asam lemak omega 3 yang sangat baik bagi kesehatan otak. Sebuah temuan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology and Community Health menemukan bahwa makan lebih banyak ikan dapat mengurangi risiko depresi.

4. Kacang

Kacang-kacangan seperti kacang mete, hazelnut, kacang Brazil dan walnut kaya akan asam lemak omega 3 dan antioksidan polifenol yang dikenal untuk mendukung kesehatan otak secara keseluruhan. Di antara semua kacang-kacangan, kenari dianggap yang terbaik untuk mengurangi risiko depresi dan meningkatkan suasana hati karena mengandung beberapa senyawa neuroprotektif seperti folat, vitamin E, dan antioksidan lainnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x