Pemkot Bandung Siapkan Skema Pengaturan PKL dan Parkir di Kawasan Monju-Gasibu Khusus Sabtu-Minggu

- 3 Januari 2024, 09:00 WIB
Penataan parkir di kawasan Monju dan Gasibu, Kota Bandung, Minggu 31 Desember 2023
Penataan parkir di kawasan Monju dan Gasibu, Kota Bandung, Minggu 31 Desember 2023 //Diskominfo Kota Bandung

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) tengah menyiapkan skema pengaturan pedagang kaki lima (PKL) serta lokasi parkir kendaraan sepeda motor dan mobil di kawasan Monumen Perjuangan Rakyat Jawa Barat (Monju) hingga Lapangan Gasibu. Skema ini akan diterapkan khusus hari Sabtu dan Minggu.

Penerapan skema pengaturan PKL serta titik parkir motor dan mobil khusus Sabtu dan Minggu di kawasan Monju hingga Gasibu ini bertujuan salah satunya untuk mendukung revitalisasi wajah baru Monumen Perjuangan Rakyat Jabar oleh pemerintah provinsi (pemprov).

Diharapkan dengan pengaturan PKL dan kantong parkir kendaraan pada Sabtu dan Minggu yang relatif lebih ramai pengunjung ini, kawasan Monju hingga Gasibu dapat semakin tertata sehingga kesan estetik dan kenyamanan bagi masyarakat lebih terasa.

Soal penataan tempat parkir, Sekretariat Daerah Kota Bandung sekaligus Ketua Satgasus PKL di Kota Bandung Ema Sumarna berencana menyiapkan lokasi khusus untuk parkir motor di kawasan Monju. Hal itu karena pada Sabtu dan Minggu banyak warga ingin berolahraga di Gasibu.

Baca Juga: Dukung Revitalisasi Monju, Pemkot Bandung Lakukan Penataan Parkir dan PKL

“Sehingga tidak akan ada lagi kendaraan yang parkir di Jalan Aria Jipang. Selama itu kendaraannya roda dua, saya akan usulkan kepada pak wali kota pada Sabtu dan Minggu diperbolehkan parkir di area khusus,” kata Ema, Minggu 31 Desember 2023.

Selanjutnya, Ema ingin Jalan Sentot Alibasyah juga harus bersih dari parkir kendaraan, termasuk juga di sepanjang jalan turunan Flyover Pasupati. Putaran atau U Turn di Jalan Sentot Alibasyah juga akan ditutup dengan pemasangan agar dapat mengurangi kemacetan akibat kendaraan memutar balik.

Ema lanjut menilai area utara Monju (arah Jalan Haur Pancuh) masih sangat representatif untuk dijadikan lokasi parkir khusus hingga relokasi PKL sehingga semakin tertata.

“Ternyata di sebelah utara Monju itu masih sangat luas. Jangankan roda dua, dengan roda empat pun masih luas bahkan ke depan kita akan merelokasikan PKL yang di Teuku Umar itu ke sana. Jadi kalau PKL dan parkir mingguan di sana. Kita dorong ke utara itu sangat representative,” paparnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x