Cek Fakta: Heboh Kabar Gunung Tangkuban Parahu Erupsi, Begini Fakta Sebenarnya

- 7 Desember 2023, 14:00 WIB
Tangakapan layar video detik-detik gunung tangkuban parahu erupsi pada 2019 silam.
Tangakapan layar video detik-detik gunung tangkuban parahu erupsi pada 2019 silam. /

PRFMNEWS - Masyarakat khususnya warga Bandung dan sekitarnya dihebohkan dengan adanya pesan berantai yang disertai video yang menyebutkan bahwa Gunung Tangkuban Parahu mengalami erupsi pada hari ini Kamis, 7 Desember 2023.

Nampak dalam video yang beredar ada gugusan awan panas muncul dari kawah Gunung Tangkuban Parahu.

Setelah ditelusuri oleh prfmnews.id, ternyata video yang beredar itu merupakan video kejadian erupsi Gunung Tangkuban Parahu pada 4 tahun lalu tepatnya medio Juli 2019.

Baca Juga: Cek Fakta: Benarkah Ada Aplikasi PPS Pemilu 2024?

Hal itu terlihat dari unggahan akun Youtube Iman Budiman yang mengunggah video dengan judul 'detik-detik gunung tangkuban perahu meletus' yang diunggah pada 27 Juli 2019.

Selain itu, berdasarkan data dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian ESDM, status Tangkuban Parahu masih dalam Level I atau normal.

Karena itu, PVMBG meminta masyarakat di sekitar Gunung Tangkuban Parahu tetap tenang, beraktivitas seperti biasa, tidak terpancing isu-isu tentang letusan Gunung Tangkuban Parahu, tetap memperhatikan perkembangan kegiatan Gunung Tangkuban Parahu yang dikeluarkan oleh BPBD setempat dan selalu mengikuti arahan dari BPBD setempat.

Baca Juga: Mudah! Cara Bikin BPJS Kesehatan Online Cukup dari HP

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x