BMKG Ajak Warga Bandung Antisipasi Dampak El Nino

- 22 Juni 2023, 09:00 WIB
Ilustrasi Kekeringan.
Ilustrasi Kekeringan. /PRFM

PRFMNEWS - Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) memprediksi fenomena El Nino terjadi di Kota Bandung pada Juni 2023 ini dan akan memberikan dampak cuaca di Bandung.

Salah satu dampak dari El Nino ini adalah akan membuat kemarau di Bandung menjadi lebih panjang dan lebih kering dari biasanya.

Karena itu BMKG Bandung mengimbau masyarakat untuk lebih siap dan antisipatif terhadap kemungkinan dampak musim kemarau tahun ini.

Baca Juga: Bulog Serap 90 Persen Beras Petani di Semester Pertama, Siap-siap Hadapi El Nino Tahun Ini

Pengamat Meteorologi Dan Geofisika (PMG) Madya BMKG Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Neneng Sugianti mengatakan, Kota Bandung akan mulai memasuki musim kemarau pada Mei dasarian II hingga Oktober 2023. Puncak musim kemarau akan terjadi pada Agustus 2023.

"Berdasarkan pantauan BMKG Bandung, terjadi penurunan jumlah curah hujan dasarian di beberapa pos pengamatan curah hujan," ungkapnya seusai Rapat Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) di Balai Kota, Selasa 20 Juni 2023.

Ia mengatakan, pada puncak musim hujan Kota Bandung pada Juli dan Agustus, nilai curah hujan klimatologisnya adalah 73 mm dan 54 mm berturut-turut. Hal ini membuktikan bahwa hujan tetap terjadi bahkan pada puncak musim kemarau sekalipun.

Baca Juga: Hadapi Kemarau Panjang Akibat El Nino, Perumda Tirtawening Ajak Masyarakat Kota Bandung Tabung Air

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x