Update Daftar Kota-Jadwal Car Free Night di Sejumlah Lokasi Ruas Jalan Dukung Acara Tahun Baru 2024

- 29 Desember 2023, 18:30 WIB
Ilustrasi car free night di kawasan Malioboro saat malam pergantian tahun 2023-2024
Ilustrasi car free night di kawasan Malioboro saat malam pergantian tahun 2023-2024 /Instagram.com/@bani_1505

PRFMNEWS – Meriahkan malam tahun baru 2024, sejumlah kota besar di Indonesia khususnya Pulau Jawa akan menerapkan kebijakan Car Free Night (CFN) atau Malam Tanpa Kendaraan Bermotor di sejumlah titik lokasi masing-masing daerah pada Minggu, 31 Desember 2023 yang umumnya akan diisi dengan serangkaian event seperti konser musik, pesta kembang api hingga karnaval.

Daftar kota yang dipastikan gelar Car Free Night pada perayaan malam tahun baru 2024 antara lain Jakarta, Yogyakarta, Solo, dan Puncak Bogor. Sementara pemerintah kota Bandung, Semarang, dan Surabaya hingga Jumat, 29 Desember 2023 belum mengumumkan secara resmi apakah di daerahnya itu akan diberlakukan CFN pada pergantian tahun kali ini.

Car Free Night di masing-masing lokasi ruas jalan tertentu pada tiap kota sesuai jam pelaksanaan yang ditetapkan ini bisa dimanfaatkan masyarakat dalam memeriahkan malam pergantian tahun 2023 ke 2024 bersama teman maupun keluarga sambil menyaksikan ragam acara pertunjukkan, festival kuliner hingga pesta kembang api.

Baca Juga: Pemkot Bandung Perbaiki TPT Sungai Cikapundung yang Rusak Akibat Ada Pohon Tumbang di Regol

Sejumlah ruas jalan yang menjadi lokasi Car Free Night akan ditutup sesuai jadwal tertentu, sehingga masyarakat bisa lebih leluasa berkumpul bersama orang-orang terdekat menikmati setiap kegiatan acara yang digelar di kawasan Malam Tanpa Kendaraan Bermotor di masing-masing kota.

Berikut rincian daftar kota di Pulau Jawa yang akan menggelar Car Free Night pada malam tahun baru 2024 pada sejumlah lokasi ruas jalan yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah masing-masing dan diagendakan dimeriahkan oleh serangkaian kegiatan yang bisa diikuti gratis oleh masyarakat umum.

1. Jalur Puncak, Bogor
Kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat, yang diprediksi menjadi salah satu lokasi favorit untuk dikunjungi pada malam tahun baru 2024 ini akan diberlakukan penutupan jalur untuk Car Free Night.

Kebijakan CFN di jalur Puncak Bogor ini akan berlaku mulai dari pukul 21.00 WIB tanggal 31 Desember 2023 hingga 1 Januari 2024 pukul 02.00 WIB. Peraturan CFN ini berlaku di sepanjang jalur wisata Puncak Bogor.

Untuk menghindari kemacetan akibat diberlakukan CFN pergantian tahun ini, kendaraan yang akan menuju ke Puncak Bogor, Cianjur maupun Bandung akan dialihkan melalui Sukabumi dan Jonggol.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah