Fenomena Hujan Meteor Perseid Bakal Hiasi Langit Indonesia pada 13 Agustus, Begini Cara Lihatnya

- 12 Agustus 2023, 16:00 WIB
Intensitas hujan meteor perseid
Intensitas hujan meteor perseid /Pexels/garvit jagga

PRFMNEWS - Hujan meteor akan menghiasi langit pada 12-13 Agustus mendatang. Fenomena menarik ini dilaporkan akan berlangsung selama 16 jam, lho! Hujan meteor ini bisa kamu lihat dari Indonesia.

Fenomena astronomi yang menarik di bulan Agustus ini adalah hujan meteor Perseid. Adapun, hujan meteor Perseid akan mengalami puncaknya pada 12-13 Agustus 2023.

"Jika cuaca di tempat Anda tinggal cerah dan langit gelap yang bagus, Anda keluar sebelum fajar dan Anda akan melihat Perseid setiap menit atau lebih," kata ilmuwan meteor NASA Bill Cooke dikutip PRFMNEWS dari AP News.

Baca Juga: Menkominfo Sebut Judi Online Banyak Jerat Sopir hingga Ojol

Hujan meteor adalah peristiwa jatuhnya meteor dan melewati Bumi dalam jumlah banyak dan tampak seperti hujan yang turun.

Saat masuk ke Bumi melalui atmosfer, meteor akan terbakar sehingga seakan menimbulkan ekor yang kemerahan di belakangnya atau disebut komet.

Apa Itu Perseid?

Dilansir dari AP News, perseid adalah salah satu hujan meteor terbesar yang bisa kita lihat dan terjadi setiap tahun di akhir musim panas.

Hujan meteor ini terjadi ketika Bumi bergerak melalui bidang puing-puing yang melayang di angkasa. Perseid berasal dari komet Swift-Tuttle, bola es, dan batu besar yang menumpahkan puing-puing berdebu saat mengorbit mengelilingi matahari.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah