Puluhan Warga yang Habiskan Libur Lebaran di Kota Bandung Terkonfirmasi Positif Covid-19

- 20 Mei 2021, 17:17 WIB
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara. /HUMAS BANDUNG

PRFMNEWS – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mencatat pihaknya mendapati adanya puluhan warga yang positif virus Covid-19 setelah mengikuti tes acak (random sampling) Covid-19 dengan rapid test antigen.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung, Ahyani Raksanagara mengungkapkan pihaknya menemukan ada 36 kasus positif hasil random sampling menggunakan rapid antigen saat libur lebaran 2021 lalu.

Sebagaimana diketahui, Pemkot Bandung menggelar pengujian secara acak ini dilakukan di 14 lokasi. Di antaranya 8 titik posko cek poin serta 6 tempat wisata yang terjadi peningkatan pengunjung saat libur pascalebaran.

Adapun rinciannya, dari 36 kasus positif didapati di pintu Tol Mohammad Toha sebanyak 2 orang, Kebun Binatang Bandung (7 orang), Taman Lalulintas (23 orang). Sedangkan satu titik lain yaitu saat ada demonstrasi di Kota Bandung dengan temuan kasus 4 orang.

Baca Juga: Hari Ini Kasus Konfirmasi Covid-19 Naik Lagi, Totalnya Capai 1,7 Juta Jiwa

“Dari 890 tes, dapat 36 orang positif. Artinya itu berkeliaran para OTG (Orang Tanpa Gejala). Kita harus waspada. Random itu untuk menggambarkan situasi di masyarakat. Dengan begitu kita harus sangat disiplin melaksankan protokol kesehatan. Karena dengan random terbukti,” kata Ahyani dalam acara Bandung Menjawab di Auditorium Rosada Balai Kota Bandung, Kamis 20 Mei 2021.

Ahyani menuturkan, sebagian besar temuan kasus merupakan hasil dari pengujian acak di tempat wisata. Hal ini cukup logis, mengingat kondisi di lapangan terjadi potensi kerumunan lebih besar.

Dari temuan kasus positif tersebut tidak semuanya berasal dari Kota Bandung. Beberapa di antaranya merupakan warga Bandung Raya.

Sebagian besar temuan kasus adalah, warga luar kota yang didapatkan saat ‘random sampling’ di tempat wisata. Seperti diketahui, beberapa lokasi di wilayah Kota Bandung menjadi alternatif untuk masyarakat di sekitar Bandung Raya yang tidak mudik.

Halaman:

Editor: Haidar Rais

Sumber: Humas Bandung


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x