Mahasiswa Penerima Bantuan KIP 2024 Dapat Biaya Kuliah dan Uang Saku, Ini Besaran dan Cara Pemberiannya

- 21 Februari 2024, 10:20 WIB
Seorang siswa sekolah menengah atas (SMA) sedang membuat akun pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024./ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah
Seorang siswa sekolah menengah atas (SMA) sedang membuat akun pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024./ANTARA/Astrid Faidlatul Habibah /

PRFMNEWS – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) melalui Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (PLPP/Puslapdik) kembali membuka kesempatan bagi mahasiswa baru di seluruh Indonesia untuk menjadi penerima bantuan Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka tahun 2024 sesuai jenjang studinya, baik sarjana maupun diploma.

Untuk membiayai mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah Merdeka tahun 2024 ini, Kemendikbud Ristek mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,9 triliun. Besaran anggaran tersebut dialokasikan untuk pemberian biaya pendidikan atau biaya kuliah (UKT/SPP) dan bantuan biaya hidup per bulan atau uang saku bagi mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah Merdeka.

Total sasaran penerima bantuan KIP Kuliah Merdeka 2024 adalah sebanyak 985.577 mahasiswa, yang terdiri dari 200.000 mahasiswa penerima KIP Kuliah baru dan sisanya adalah mahasiswa penerima KIP Kuliah on going dan mahasiswa penerima bantuan biaya pendidikan on going. Hal tersebut terungkap pada webinar Sosialisasi Pendaftaran KIP Kuliah Merdeka di Jakarta, Senin 12 Februari 2024.

Baca Juga: Pendaftaran KIP Kuliah Telah Dibuka, Simak Prosedur Pendaftarannya Berikut Ini

Plt. Kepala Puslapdik Abdul Kahar menjelaskan, keuntungan yang akan didapatkan mahasiswa penerima KIP Kuliah Merdeka di 2024 antara lain, bebas biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi pada jalur UTBK-SNBT, serta seleksi lain oleh perguruan tinggi bagi mereka yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan/atau menerima program bantuan sosial sesuai Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor 4/PMK.02/2023.

Mahasiswa penerima bantuan KIP Kuliah Merdeka, lanjutnya, akan mendapatkan biaya pendidikan atau biaya kuliah (UKT/SPP) dengan mekanisme pemberian yakni dibayarkan langsung ke rekening perguruan tinggi. Selain itu, mereka akan mendapatkan bantuan biaya hidup per bulan yang ditransfer langsung ke rekening mahasiswa.

“Besaran biaya hidup per bulan ini ditetapkan berdasarkan perhitungan indeks harga lokal masing-masing wilayah perguruan tinggi. Dana tersebut akan diberikan dalam 5 klaster besaran per bulan, yaitu Rp800.000, Rp950.000, Rp1.100.000, Rp1.250.000, dan Rp1.400.000,” jelas Abdul.

Baca Juga: KCIC Segera Hadirkan Area Pick Up Khusus Transportasi Online di Setiap Stasiun Whoosh

Dia menegaskan bantuan biaya hidup per bulan tersebut sepenuhnya merupakan hak mahasiswa yang digunakan untuk memenuhi berbagai kebutuhan selama kuliah dan tidak boleh dimanfaatkan perguruan tinggi untuk biaya tambahan apapun.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x