Fakta Menarik Kota Bandung yang Dikenal Banyak Kreativitasnya, Masuk dalam Daftar World Trending Destinations

Penulis: TIM PRFM
Editor: Indra Kurniawan
6 fakta menarik sehingga Bandung layak mendapat predikat “Best of the Best Destinations Travelers Choice”
6 fakta menarik sehingga Bandung layak mendapat predikat “Best of the Best Destinations Travelers Choice” /Instagram @itsbdg/

BANDUNG, PRFMNEWS - Bandung tidak hanya dikenal sebagai Kota Kembang, tetapi juga memiliki daya tarik yang kuat dengan berbagai pesona yang dimilikinya, sehingga wisatawan tidak pernah merasa bosan untuk berkunjung. Tak heran jika baru-baru ini, Bandung berhasil masuk dalam daftar World Trending Destinations 2024 dalam kategori "Best of the Best Destinations Travelers Choice" versi Tripadvisor.

Dilansir dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bandung menempati peringkat ke-15 dari 25 kota di dunia dan menjadi satu-satunya kota di Indonesia yang masuk dalam daftar tersebut. Ada banyak alasan mengapa Bandung berhasil masuk dalam World Trending Destinations 2024 versi Tripadvisor. Kota ini menawarkan paket wisata yang lengkap, mulai dari pemandangan alam yang memukau, wisata sejarah, budaya yang kaya, hingga kuliner tradisional lezat yang menjadi daya tarik tersendiri.

Selain alasan-alasan tersebut, masih banyak fakta menarik lainnya tentang Bandung yang menjadikannya layak mendapatkan predikat "Best of the Best Destinations Travelers Choice". Apa saja keunikan itu?

Baca Juga: 9 Daerah di Jawa Barat Ini akan Hadapi Kekeringan Ekstrem, BMKG: 66 Hari tanpa Hujan

1. Bandung memiliki keterkaitan erat dengan sejarah lahirnya Konferensi Asia-Afrika pada tahun 1955, yang menjadikan Indonesia, khususnya Bandung, dikenal di kancah internasional. Jejak sejarah tersebut bisa Sobat Parekraf saksikan langsung di Museum Konferensi Asia-Afrika yang berlokasi di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Bandung. Selain itu, masih banyak destinasi wisata sejarah lain yang dapat menjadi sarana nostalgia di Bandung, seperti Gedung Sate, Museum Geologi, Monumen Bandung Lautan Api, hingga kawasan Jalan Braga.

2. Keindahan alam Bandung tak perlu diragukan lagi. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata yang menyajikan panorama alam yang memukau. Mulai dari wisata pegunungan, air terjun (curug), hingga hamparan perkebunan teh yang sering menjadi lokasi favorit untuk menikmati matahari terbit di Bandung. Beberapa rekomendasi wisata alam yang wajib dikunjungi di antaranya: Kawah Putih, Tangkuban Perahu, Situ Patenggang, Tebing Keraton, Orchid Forest Cikole, dan sunrise point Cukul.

3. Ketika membahas kuliner, Bandung adalah juaranya. Kota ini terkenal dengan beragam makanan tradisional, hidangan kekinian, hingga jajanan khas yang selalu menjadi magnet bagi para wisatawan kuliner. Bahkan, Bandung masuk dalam Top 10 "100 Best Food Cities" versi TasteAtlas. Beberapa jajanan khas Bandung sering viral di media sosial dan menginspirasi kota-kota lain di Indonesia. Contohnya adalah seblak, cilung, cilor, cilok, citul, hingga telur gulung, yang kini populer di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Pengusaha Jasa Rental Motor di Bandung Diduga Terkena Modus Penggelapan Kendaraan, Begini Kronologinya

4. Bandung sering disebut "Paris van Java" karena kota ini dikenal sebagai pelopor tren fesyen terkini. Sejak awal 1900-an, Bandung telah menjadi pusat perkembangan fesyen yang terus berlanjut hingga kini. Kota ini juga merupakan tempat lahirnya tren distro yang kemudian menyebar ke seluruh Indonesia, menjadikannya sebagai distrik mode utama yang bisa ditemukan di berbagai jalan utama seperti Jalan Cihampelas, Jalan Riau, dan Dago.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub