Stasiun Pasar Senen Hadirkan Sejumlah Fasilitas Baru Jelang Liburan Akhir Tahun, Penumpang KA Makin Nyaman

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Pembangunan eskalator tahap pertama di Stasiun Pasar Senen sudah rampung dan mulai dioperasikan pada 1 September 2024.
Pembangunan eskalator tahap pertama di Stasiun Pasar Senen sudah rampung dan mulai dioperasikan pada 1 September 2024. /KAI/

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI terus melakukan peningkatan layanan kepada para penumpang kereta api (KA), melalui pembangunan berbagai infrastruktur fasilitas baru di banyak stasiun. Terlebih, beberapa bulan lagi akan memasuki periode liburan akhir tahun masa Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, menjadi salah satu stasiun yang oleh PT KAI dihadirkan sejumlah fasilitas baru guna semakin meningkatkan kenyamanan para penumpang KA. Mengingat, stasiun ini merupakan stasiun terpadat naik turun penumpang KA jarak menengah/jauh, maupun KRL di wilayah KAI Daop 1 Jakarta.

Daftar fasilitas baru yang dihadirkan KAI di Stasiun Pasar Senen jelang masa libur akhir tahun 2024 antara lain eskalator, penambahan fasilitas AC di Zona 3 atau Hall, dan pembuatan double decker untuk parkir sepeda motor.

Baca Juga: Bakal Ada Kosambi Culinary Night yang Dilaunching Hari Minggu Besok

“Sebagai stasiun yang menghubungkan kereta api jarak jauh dan KRL, Stasiun Pasar Senen terus ditata dengan penambahan area parkir, stand-stand makanan dan minuman yang lebih rapi, ruang terbuka hijau, serta alur kedatangan dan keberangkatan penumpang kereta api yang lebih teratur,” kata Vice President Public Relations KAI Anne Purba, Kamis 12 September 2024.

Selain itu, lanjut Anne, konektivitas dengan moda transportasi lain seperti busway dan layanan transportasi/taksi online di Stasiun Pasar Senen, kini jauh lebih tertata untuk meningkatkan kenyamanan dan efisiensi perjalanan penumpang kereta api.

“Semua dilakukan guna memberikan rasa nyaman, di tengah peningkatan jumlah volume penumpang di Stasiun Pasar Senen,” ucapnya.

Baca Juga: Pesawat RJ-85 Bakal Uji Coba Mendarat di Bandara IKN

Anne memaparkan, Stasiun Pasar Senen saat ini melayani 32 perjalanan KA Jarak Jauh dan 52 perjalanan KRL dengan volume penumpang yang terus meningkat setiap tahunnya.
Pada tahun 2021, volume penumpang kereta api jarak jauh mencapai 1.218.734 orang, selanjutnya meningkat secara signifikan sebesar 155,8 persen pada tahun 2022 menjadi 3.117.565 penumpang.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub