Selamat Ulang Tahun Bandung, Yuk Kenalan dengan Jajanan Khas Bandung yang Lezat

- 25 September 2020, 17:27 WIB
ILUSTRASI Seblak.*
ILUSTRASI Seblak.* /NIA PUSPASARI/

PRFMNEWS - Bandung terkenal dengan surganya kuliner yang enak dan lezat. Hari ini Bandung tepat berusia 210 tahun. Di ulang tahun Bandung ini mari berkenalan dengan beberapa jajanan kuliner dari kota kembang tersebut.

Inilah dia beberapa jajanan khas dari kota Bandung

1. Seblak
Siapa yang tidak mengenal jajanan yang satu ini. Seblak tidak hanya terkenal di kota Bandung saja. Akan tetapi jajanan yang satu ini sudah terkenal hingga ke luar Bandung. Rasanya yang gurih dan pedas, tak ayal banyak sekali penggemar dari seblak ini.

Seblak sendiri adalah makanan yang terbuat dari kerupuk aci yang di masak bersama bumbunya yang terdiri dari cabe, garam, gula, bawang dan kencur. Rasa kencur inilah yang menandakan khas dari jajanan ini.

Baca Juga: Hari Jadi ke-210 Kota Bandung, Oded Gelorakan Semangat Inovasi dan Kolaborasi Melawan Covid-19

2. Colenak
Colenak merupakan singkatan cocol enak. Jajanan dari kota kembang ini bisa patut dicoba. Dimana colenak merupakan jajanan yang terbuat dari peuyeum yang dibakar terlebih dahulu. Setelah itu peuyeum akan di sajikan dengan parutan kelapa yang siram dengan saus gula merah.

3. Bandros
Jajanan dari kota kembange yang satu ini terbuat dari adonan tepung beras dan kelapa parut yang dicetak dalam loyang yang berbentuk setengah lingkaran. Biasanya bandros disajikan dengan dicocol bersama dengan gula atau saus.

Baca Juga: Oded Minta Warga Kota Bandung untuk Selalu Menjaga Persatuan dan Kesatuan untuk Atasi Masalah

4. Batagor
Tidak asing lagi bukan dengan jajanan yang satu ini. Batagor merupakan singkatan dari baso tahu goreng. Dimana baso tahu yang digoreng tersebut akan ditambahkan dengan saus kacang dan kecap. Tak hanya itu adonan dari baso dari batagor akan ditambahkan ikan tenggiri. Sehingga menambah cita rasa gurih pada jajanan tersebut.

5. Siomay
Siomay ini hampir mirip dengan dimsum yang dikukus. Akan tetapi di dalam siomay ditambahkan kubis, pare dan kentang. Selain itu siomay juga akan disantap bersama dengan saus kacang yang sama dengan batagor.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x