Sempat Dimuseumkan, KA Wisata Mak Itam Kembali Beroperasi Susuri Jalur Kereta Api Legendaris Sejak 1894

- 22 Desember 2022, 15:30 WIB
Mau Liburan Natal dan Tahun Baru? yuk, Naik Kereta Api Wisata Mak Itam Sawahlunto, Hadir Lagi Lewat Sinergi BUMN!
Mau Liburan Natal dan Tahun Baru? yuk, Naik Kereta Api Wisata Mak Itam Sawahlunto, Hadir Lagi Lewat Sinergi BUMN! /KA Wisata/

PRFMNEWS - KA Wisata Mak Itam di Sawahlunto, Sumatera Barat kembali beroperasi secara regular yang peresmiannya dilakukan pada Selasa, 20 Desember 2022.

Sebelum dioperasikan kembali, rangkaian KA Wisata Mak Itam ini sempat disimpan di Museum Kereta Api Sawahlunto sejak tahun 2014.

Pengoperasian kembali KA Wisata Mak Itam tentu menjadi kabar gembira bagi masyarakat karena akan semakin mempermudah menjangkau kawasan wisata Sumatera Barat, khususnya Sawahlunto.

Baca Juga: Luis Milla Apresiasi Permainan Persib yang Tetap Semangat Walau 8 Pemain Absen

Terlebih, Sawahlunto punya sebuah situs kebanggan Indonesia yakni Ombilin Coal Mining Heritage of Sawahlunto yang masuk dalam jajaran Warisan Dunia Baru UNESCO.

Perjalanan KA Wisata Mak Itam melayani relasi Stasiun Sawahlunto ke Muaro Kalaban pp dengan jalur rel sepanjang 4 kilometer yang kini juga telah direaktivasi.

Jalur kereta api sepanjang Sawahlunto – Muaro Kalaban ini pun terbilang bersejarah karena merupakan proyek dari Perusahaan Kereta Api Negara Sumatra Staats Spoorwegen (SSS) dan dioperasikan sejak tahun 1894.

Baca Juga: Pemerintah akan Larang Ekspor Bijih Bauksit Mulai Tahun Depan

Alasan dibalik pembangunan jalur kereta api Sawahlunto – Muaro Kalaban kala itu adalah untuk sarana pengangkut batu bara di Ombilin, Sawahlunto.

Halaman:

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x