Meski Belum Buka, Tempat Hiburan di Kota Bandung Dinilai Sudah Mengikuti Protokol Kesehatan

- 7 Juli 2020, 18:26 WIB
Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari saat memberikan keterangan pers di salah satu tempat hiburan di kota Bandung, Selasa (7/7/2020).*
Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari saat memberikan keterangan pers di salah satu tempat hiburan di kota Bandung, Selasa (7/7/2020).* /TOMMY RIYADI/PRFM

PRFMNEWS - Sebelum diizinkan kembali buka, setiap tempat hiburan di kota Bandung harus menyiapkan kelengkapan dan menerapkan protokol kesehatan. Kelengkapan dan protokol kesehatan ini ditinjau langsung oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung.

Peninjauan ini dilakukan oleh Disbudpar bersama instansi terkait secara bertahap. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat sejauh mana kesiapan dari tempat hiburan di kota Bandung dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan penyebaran covid-19.

Disbudpar bersama Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) meninjau dua tempat karaoke, pertama di Master Piece karaoke, di Jalan Pasir Kaliki dan lokasi kedua di Happy Puppy Karaoke, Jalan Kebon Jeruk, Kota Bandung, Selasa (7/7/2020).

Baca Juga: Fasilitas Taman di Kota Bandung Banyak yang Hilang, DPKP3 : Kesadaran Masyarakat Masih Kurang

Kepala Disbudpar Kota Bandung, Dewi Kaniasari mengatakan, pengelola tempat hiburan rata-rata sudah paham dan mengikuti aturan protokol kesehatan seperti menyiadakan ruangan isolasi, pemeriksaan suhu tubuh, tempat cuci tangan, hand sinitizer dan bekerja sama dengan puskesmas atau klinik terdekat.

"Barusan kita lihat ruang isolasinya, karena itu penting. Relatif sudah mengikuti protokol kesehatan yang sudah diamanatkan di Surat Keputusan (SK) Menteri Kesehatan. Ini baru peninjauan, simulasinya nanti nunggu surat pengajuan dari pengusahanya," ujar Kenny, sapaan akrab Kadisbudpar, saat ditemui seusai melakukan peninjauan.

Di Kota Bandung, kata dia, total ada ratusan tempat karaoke, spa, panti pijat, klub malam dan bioskop. Dari semua jenis tempat hiburan itu, saat ini baru karaoke yang dilakukan peninjauan.

Baca Juga: Gara-Gara Corona, Penjualan Hewan Kurban Tahun Ini Diprediksi Turun

"Secara umum mereka sudah siap, tapi ada beberapa yang harus ditindak lanjuti, karena jangan lupa bahwa protokol kesehatan ini tidak hanya untuk pengunjung saja, tapi para petugas/karyawannya juga," katanya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x