Banyak yang Tidak Tahu Sejarah Berdirinya Kebun Binatang Bandung, Ternyata Hampir Pindah ke Jatinangor

- 5 Agustus 2022, 08:00 WIB
Kebun Binatang Bandung
Kebun Binatang Bandung /instagram @bandung_zoo/

PRFMNEWS - Mungkin banyak yang belum tahu sejarah di balik berdirinya Kebun Binatang Bandung atau Bandung Zoo yang merupakan salah satu tujuan wisata favorit warga Bandung dan Jawa Barat.

Kebun Binatang Bandung diketahui memiliki luas kurang lebih hampir 14 hektar yang terletak di jantung Kota Bandung, dengan koleksi satwa lebih dari 800 ekor kelas mamalia, aves, reptil dan ikan.

Tetapi mungkin kalian belum mengetahui bahwa ada sejarah di balik berdirinya Kebun Binatang Bandung.

Dosen Pendidikan Sejarah Sekolah Pascasarjana UPI dan Kepala Museum Pendidikan Nasional UPI, Leli Yulifar mengungkapkan sejarahnya.

Baca Juga: Sejarah Kebun Binatang Bandung, Dimulai dari Cimindi hingga Nyaris Dipindahkan ke Jatinangor

Cerita dimulai pada tahun 1900, Bupati R.A.A. Martanegara mendirikan Kebun Binatang di Cimindi. Sementara itu, sejumlah pecinta satwa mendirikan Kebun Binatang di Bukit Dago.

Sejarah mencatat, 1 April 1906 Bandung menjadi gemeente (kotapraja) yang dipimpin seorang walikota (Burgermaster).

Kemudian, pada tahun 1920 Berdiri Bandoeng Vooruit (Bandung Maju) yakni perkumpulan swasta yang menjadi partner pemerintah dalam menata gemeente khusus di bidang pariwisata, yang terdiri dari orang-orang Belanda.

Bandoeng Vooruit adalah partner gementee dalam membangun, menata kota dan membenahi kota, khususnya untuk bidang pariwisata.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi

Sumber: bandung.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x