PSSI Mulai Bersurat ke FIFA untuk Penggunaan VAR di Liga 1 Musim Depan

- 29 Mei 2023, 15:15 WIB
Ilustrasi VAR.
Ilustrasi VAR. /Matthew Childs/REUTERS

PRFMNEWS - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sangat serius dalam penggunaan Video Assistant Referee (VAR) untuk Liga 1 2023/2024 salah satunya dengan menyampaikan rencana ini kepada federasi sepak bola dunia (FIFA).

Pada Kamis, 25 Mei 2023 kemarin, PSSI telah kembali mendeklarasikan dan mensubmit kepada FIFA terkait rencana penerapan VAR yang ditargetkan akan mulai digunakan di pertengahan Liga 1 2023/2024.

Untuk penggunaan VAR di Liga 1, ada beberapa tahapan yang harus dilewati oleh PSSI dan PT LIB hingga pada akhirnya FIFA memberikan restu untuk penggunaan VAR di Liga 1.

Baca Juga: Ada Wacana Penggunaan VAR di Liga 1, Persib: Keputusan dari Wasit Akan Lebih Akurat

“Kami telah berkirim surat kepada FIFA terkait rencana untuk kembali melanjutkan proses penerapan VAR di Indonesia. Sesuai dengan panduan dari FIFA, kami melampirkan pula beberapa tahapan awal yang harus dipenuhi seperti membentuk VAR Project Team, menetapkan timeline program, kepastian sumber pendanaan dan provider teknologi yang dipilih,” jelas Ketum PSSI, Erick Thohir.

Untuk mematangkan rencana tersebut, PSSI telah mendelegasikan kepada PT LIB sebagai yang bertanggung jawab dalam seluruh proses pemenuhan implementasi VAR, termasuk dalam persiapan teknologi yang akan digunakan.

Sesuai dengan panduan dari FIFA, setiap pihak yang akan menggunakan VAR harus melengkapi seluruh proses yang dinamakan Implementation Assistance and Approval Programme (IAAP).

Baca Juga: Jelang Penggunaan VAR di Liga 1, Ini Permintaan PT LIB kepada Semua Klub Liga 1

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x