Dukungan Dana untuk Asprov PSSI Tahun Ini Capai Rp300 Juta, Janji Erick Thohir

- 28 Mei 2023, 20:00 WIB
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir
Ketua Umum PSSI, Erick Thohir /Instagram/@erickthohir

PRFMNEWS - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menekankan tiga hal utama pada Kongres Biasa 2023.

Tiga hal tersebut yaitu cetak biru sepak bola nasional, komersialisasi dalam membangun sepak bola, dan target-target jangka pendek menengah untuk tim nasional Indonesia.

"Blue print sepak bola nasional supaya terbang lebih tinggi sudah kita paparkan. Ini tentu menjadi dogma atau target yang akan kita lakukan secara menyeluruh dari pusat dan daerah," ucap Erick Thohir setelah menjalani Kongres Biasa PSSI di Jakarta, Minggu 28 Mei 2023 sore.

Baca Juga: Detik-detik Helikopter Bell 412 Take Off Sebelum Dilaporkan Jatuh di Bandung

Untuk mendukung hal tersebut, Erick Thohir menyatakan akan memberikan dukungan pendanaan kepada Asosiasi Sepak Bola Provinsi (Asprov) PSSI sebesar Rp300 juta pada tahun 2023 ini.

Erick Thohir mengharapkan agar pendanaan tersebut dapat ditambah pada tahun-tahun mendatang.

"Insya Allah kita akan bikin event di daerah untuk memastikan teman-teman Asprov jadi bagian dari perubahan transformasi, jadi bukan hanya kami di pusat," tambahnya.

Terkait komersialisasi sepakbola nasional, Erick Thohir menyebut bahwa berkaca pada Federasi Sepak bola Jepang yang memiliki pemasukan hampir mencapai 200 juta dolar per tahun.

Baca Juga: Luis Milla Berikan Bocoran Program Pramusim dan Komposisi Pemain Persib Bandung

Menurut dia maka hal itu juga dapat diterapkan untuk pada memaksimalkan pembinaan menyeluruh di pusat dan daerah.

"Kita juga akan membentuk sebuah yayasan, di mana yayasan ini akan membantu individu-individu sepak bola, pahlawan-pahlawan seperti Kurnia Meiga, ataupun yang lain. Dan ini kami harapkan dapat menjadi sebuah terobosan, dan bahwa kami peduli terhadap pahlawan-pahlawan yang sudah berkorban untuk sepak bola kita," ujar Erick Thohir.

Erick Thohir juga menyebut PSSI tengah mempersiapkan tim nasional dengan sangat serius. Mengingat pada tahun ini Timnas berbagai kelompok umur akan menjalani beberapa pertandingan penting.

Baca Juga: Kontrak Pemain Muda Persib Bandung Ini Diperpanjang hingga 2024

"Kita tahu tahun ini ada beberapa pertandingan penting FIFA Match Day, kita juga jadi tuan rumah untuk (kualifikasi) U-23 AFC, dan U-19 perempuan, dan juga beberapa laga kualifikasi Piala Dunia yang harus kita persiapkan dengan serius," bebernya.

Untuk Timnas Indonesia kelompok umur, agenda terdekat adalah Asian Games yang akan berlangsung pada September mendatang.

Erick Thohir menyatakan bahwa timnas untuk Asian Games akan diperkuat oleh para tulang punggung timnas U-22 yang belum lama ini sukses meraih medali emas SEA Games 2023.

"Supaya mereka istilahnya punya pengalaman tanding yang lebih tinggi, supaya mereka jadi inti pembangunan timnas kita ke depannya," tutupnya.***

Editor: Indra Kurniawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x