SoS Anggap Usulan PT LIB Meniadakan Degradasi Bertentangan dengan Statuta PSSI

- 15 Agustus 2020, 09:13 WIB
Persib Bandung berhasil kalahkan Arema Malang dengan skor 1-2 dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020).* PT LIGA INDONESIA BARU
Persib Bandung berhasil kalahkan Arema Malang dengan skor 1-2 dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, Minggu (8/3/2020).* PT LIGA INDONESIA BARU /

PRFMNEWS - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memberikan tujuh usulan regulasi baru kepada PSSI untuk diterapkan dalam lanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang digelar di tengah pandemi Covid-19. Sebagai catatan, PT LIB tidak memiliki wewenang mengubah regulasi karena perannya hanya sebagai operator kompetisi. Aturan tentang kompetisi sepak bola nasional masuk dalam wewenang PSSI, selaku federasi sepak bola tanah air.

Dari ketujuh usulan, beberapa di antaranya, PT LIB meminta PSSI untuk meniadakan sistem degradasi di gelaran Liga 1 2020. Selain itu, seluruh klub peserta wajib memasukkan minimal 2 pemain U-20 dalam 18 nama di Daftar Susunan Pemain di setiap pertandingan.

Baca Juga: Zulham Zamrun Mulai Ikut Latihan Bersama Persib

Pengamat sepak bola yang juga Koordinator Save our Soccer (SOS), Akmal Marhali, mengatakan PT LIB dan PSSI seharusnya mematangkan dulu payung hukum kompetisi Liga 1 2020 sebelum melakukan perubahan regulasi.

"Yang harus diperkuat dulu, baik oleh PT LIB maupun PSSI, adalah payung hukum terhadap kompetisi ini (Liga 1 2020-red). Bagaimanapun, kompetisi ini bukan kompetisi yang baru tapi melanjutkan dari kompetisi yang terhenti akibat Covid-19," ujar Akmal saat on air di Radio PRFM, Jumat (14/8/2020).

Menurut Akmal, regulasi Liga 1 2020 yang sudah ada masih mencantumkan adanya sistem degradasi bagi tiga tim dengan peringkat terendah. Oleh karena itu, jika nantinya tidak akan ada degradasi, maka PT LIB dan PSSI memerlukan landasan hukum yang kuat agar tidak bertentangan dengan legalitas yang sudah ada sebelumnya.

Baca Juga: Hasil Liga Champions: Bayern Munich Berhasil Permalukan Barcelona

"Dalam regulasi Liga 1 2020, ada tiga tim yang akan degradasi. Artinya kalau kemudian ada perubahan di tengah jalan, harus ada payung hukum yang kuat yang dibuat PSSI dan PT LIB. Sehingga kemudian kompetisi ini tidak mencederai Undang-Undang atau legalitas atau aspek legal formal yang ada," jelasnya.

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x