5 Poin Pernyataan Resmi Jokowi soal Pro Kontra Timnas Israel Ikut Piala Dunia U-20

- 29 Maret 2023, 08:45 WIB
Presiden Jokowi tanggapi soal Piala Dunia U-20. (YouTube/ tangkap layar dari kanal Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi tanggapi soal Piala Dunia U-20. (YouTube/ tangkap layar dari kanal Sekretariat Presiden) /

PRFMNEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan penjelasan resmi terkait pro kontra keikutsertaan Timnas Israel dalam event Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia pada Mei-Juni nanti.

Penjelasan Presiden Jokowi soal keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 ini diungkap dalam video pernyataan pers yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Kabinet RI, Selasa 28 Maret 2023.

Pertama, Presiden Jokowi menjamin Timnas Israel akan bisa ikut serta pada Piala Dunia U-20. Jokowi menyebut kepastian tersebut tak ada kaitanya dengan konsistensi posisi politik luar negeri Indonesia terhadap Palestina.

Baca Juga: Statement Tegas Jokowi Soal Pro Kontra Israel di Pildun U-20: Jangan Campur Aduk Olahraga dan Politik

Jokowi memastikan sikap perpolitikan Indonesia tetap mendukung sepenuhnya kemerdekaan Palestina. Indonesia juga mendorong terjadinya perdamaian antara Israel dan Palestina.

"Ini prinsip, prinsip negara kita Indonesia yang selalu konsisten dan teguh dalam memperjuangkan dan mendukung kemerdekaan bangsa Palestina dan mendukung penyelesaian two states solution. Negara Israel dan Palestina merdeka,” tegas Jokowi.

Kedua, Presiden menyampaikan, penunjukan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 telah melalui proses bidding dan seleksi panjang, hingga akhirnya Indonesia berhasil mengungguli dua kandidat lainnya yaitu Brasil dan Peru.

Baca Juga: Pemerintah Indonesia Terus Lobi FIFA Agar Piala Dunia U-20 Tetap Digelar di Indonesia

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x