Pandemi Covid-19, Piala AFF Berpotensi Batal Digelar Tahun Ini

- 29 Juli 2020, 20:42 WIB
PEMAIN Vietnam merayakan trofi Piala AFF yang diraih pada 2018.*
PEMAIN Vietnam merayakan trofi Piala AFF yang diraih pada 2018.* /www.aseanfootball.org



PRFMNEWS
- Pelaksana tugas Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi menyatakan, turnamen sepak bola antarnegara di kawasan ASEAN, Piala AFF 2020 berpotensi batal digelar karena pandemi virus corona (Covid-19).

Menurut Yunus, Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) masih mencari jadwal baru sebagai pengganti. Piala AFF 2020 sendiri awalnya direncanakan bergulir mulai November tahun 2020 ini.

"Untuk akhir tahun, Piala AFF dibatalkan. Namun belum ada kepastian kapan digelar kembali. Tanggal 30 Juli nanti rencananya diputuskan oleh AFF," katanya seperti dilansir PRFMNews.id dari ANTARA, Rabu (29/7/2020).

Baca Juga: Jelang Libur Idul Adha, Dishub Jabar Prediksi Simpul Transportasi Didominasi Kendaraan Pribadi

Yunus yang juga anggota Komite Eksekutif PSSI itu menyebutkan, AFF sempat menanyakan kepada PSSI soal jadwal yang tepat untuk melaksanakan kembali kejuaraan yang sudah dimulai sejak 1996 tersebut.

AFF menawarkan kejuaraan dua tahunan itu dilaksanakan pada Februari sampai Maret 2021. Namun, PSSI menyatakan keberatan atas usulan tersebut karena dua alasan.

"Kami menyampaikan kepada AFF, di periode tersebut, PSSI mempersiapkan Piala Dunia U-20. Lalu, waktu itu juga berdekatan dengan Idul Fitri," imbuh Yunus.

Baca Juga: Gerak Cepat Disdukcapil KBB, 90 Persen dari Total Jumlah Penduduk Sudah Lakukan Perekaman E-KTP

PSSI sendiri belum memberikan usulan tanggal kepada AFF. Awalnya, timbul secercah harapan kala Vietnam menyatakan bebas dari kasus baru COVID-19 selama beberapa bulan. Namun, pada Sabtu (25/7/2020) lalu, pemerintah setempat mengumumkan penularan kembali Covid-19 di salah satu kota terbesar di Vietnam, yakni Kota Danang.

"Kami belum memberikan opsi. Tergantung AFF apakah mereka mau sebelum Piala Dunia U-20 atau setelahnya. Kami menunggu keputusan tanggal 30 Juli ini," tutur Yunus.***

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x