Skuad Iran Tolak Menyanyikan Lagu Kebangsaan Saat Lawan Inggris di Piala Dunia 2022 Qatar

- 22 November 2022, 08:45 WIB
Para pemain Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaan Iran sebelum kick off pertandingan Iran vs Inggris di Piala Dunia Qatar 2022 pada Senin, 21 November 2022 kemarin.
Para pemain Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaan Iran sebelum kick off pertandingan Iran vs Inggris di Piala Dunia Qatar 2022 pada Senin, 21 November 2022 kemarin. /Hannah Mckay/REUTERS

PRFMNEWS - Para pemain Timnas Iran tidak ikut menyanyikan lagu kebangsaan mereka yang dikumandangkan sebelum pertandingan di Piala Dunia 2022 melawan Inggris pada Senin, 21 November 2022. Hal itu disebut sebagai dukungan nyata bagi pengunjuk rasa anti-pemerintah di negara mereka.

Jelang pertandingan di Piala Dunia 2022, kapten Timnas Iran Alireza Jahanbakhsh mengatakan tim akan memutuskan bersama apakah akan menolak atau tidak menyanyikan lagu kebangsaan untuk menunjukkan solidaritas atas demonstrasi yang telah mengguncang rezim di Iran.

Seluruh pemain inti terdiam dan tanpa ekspresi saat lagu kebangsaan dimainkan di Stadion Internasional Khalifa.

Baca Juga: Gakpo dan Klaassen Berhasil Bawa Belanda Menang di Laga Pertama atas Senegal

Protes nasional selama lebih dari dua bulan, yang dipicu oleh kematian Amini seorang wanita muda Iran asal Kurdi, meninggal tiga hari setelah penangkapannya di Teheran atas dugaan pelanggaran peraturan berpakaian di Iran, termasuk kewajiban berjilbab bagi perempuan.

Imbas kematian Amini, beberapa atlet Iran lainnya memilih untuk tidak menyanyikan lagu kebangsaan atau merayakan kemenangan mereka untuk mendukung para pengunjuk rasa.

Bukan sekali ini saja tim olahraga Iran melakukan hal serupa.

Sebuah klip video yang konon menunjukkan tim polo air Iran tidak menyanyikan lagu kebangsaan di sebuah kompetisi di Thailand muncul dan viral di media sosial beberapa waktu lalu. Video itu dinilai sebuah gerakan protes anti-pemerintah sebagai pertunjukan solidaritas terbaru dari para atlet.

Baca Juga: Kenali Hak Perempuan dan Anak Apabila Terjadi Perceraian Berdasarkan Peraturan yang Berlaku

Halaman:

Editor: Rifki Abdul Fahmi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x