Negatif Covid-19 dan Hasil MCU Baik, Pemain PS Sleman Siap Bertarung di Piala Menpora 2021

- 13 Maret 2021, 18:33 WIB
Peman PS Sleman, Fabiano Beltrame.
Peman PS Sleman, Fabiano Beltrame. /Dok PS Sleman



PRFMNEWS - PS Sleman menjadi salah satu peserta turnamen pramusim Piala Menpora 2021.

Bersama Persebaya Surabaya, Persik Kediri, Persela Lamongan, dan Madura United klub berjuluk Super Elang Jawa itu tergabung di grup C dan akan bertanding di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung pada babak penyisihan.

Dokter Tim PS Sleman, Elwizan Aminuddin menyampaikan, semua pemain PS Sleman yang sudah berada di Bandung dinyatakan negatif Covid-19.

Selain itu, dari hasil Medical Check Up (MCU) juga dinyatakan cukup layak dan siap bertarung di Piala Menpora 2021.

”Secara keseluruhan alhamdulillah hasilnya cukup baik dan cukup layak. Walaupun ada catatan tapi hal itu masih bisa ditoleransi, dan saya pastikan bahwa 27 pemain yang melakukan MCU kemarin layak dan siap untuk membela Tim PS Sleman,” katanya di Bandung, Sabtu 13 Maret 2021.

Baca Juga: Jadwal dan Link Live Streaming Derby London Utara, Arsenal vs Tottenham

Baca Juga: Pamit ke Ciwidey, Warga Bandung Ini Hilang Kontak Sejak 7 Maret 2021

Proses MCU sendiri dilakukan pada Kamis 11 Maret pagi, setelah 27 pemain yang sudah berada di Bandung menjalani swab test antigen dan dinyatakan negatif Covid-19. Hasil MCU itu keluar sehari kemudian, Jumat 12 Maret malam.

Ada beberapa indikator yang digunakan petugas kesehatan untuk memeriksa Bagus Nirwanto dan kolega.

Di antaranya pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter ortopedi untuk mendeteksi cedera, kemudian pemeriksaan EKG untuk memeriksa jantung saat dia istirahat, lalu treadmill yaitu pemeriksaan jantung saat dia beraktivitas.

“Ditambah lagi, juga dilakukan pemeriksaan laboratorium darah dan urin untuk mendeteksi apakah ada penyakit bawaan dari dalam tubuhnya atau tidak. Dan yang terakhir adalah pemeriksaan audiometri dan spidometri, yaitu untuk nafas, telinganya, termasuk mata juga,” tambah pria yang akrab disapa dokter Amin ini.

Baca Juga: Berusia 88 Tahun, Berikut 5 Fakta Menarik Persib Bandung, Klub dengan Segudang Prestasi

Baca Juga: Lama Menghilang, Nissa Sabyan Muncul dengan Lagu Baru Berjudul Sapu Jagat, Video Klipnya Timbulkan Teka-Teki

Dokter Amin juga menambahkan bahwa dari hasil MCU tersebut, terlihat beberapa titik lemah. Misalnya pada bagian otot dari para pemain.

Dari hasil temuan ini, tim dokter PSS selanjutnya akan bertindak dan memberlakukan treatment khusus, supaya keadaan para penggawa kembali ke normal.

“Dari hasil MCU kemarin kan kita bisa mendapatkan beberapa titik lemah, bukan mencari kelemahannya. Kita juga cari solusinya. Misalnya di otot kaki kanan yang lemah akan diberikan pelatihan khusus. Nanti saya akan berkolaborasi dengan Fisioterapi dan pelatih fisik,” pungkasnya.***

Editor: Rian Firmansyah

Sumber: PS Sleman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x