Menpora: Vaksinasi Covid-19 Adalah Bentuk Perhatian Pemerintah Terhadap Atlet

- 26 Februari 2021, 13:17 WIB
Wapres Ma'fuf Amin didampingi Anies Baswedan meninjau pemberian vaksin kepada atlet di Jakarta
Wapres Ma'fuf Amin didampingi Anies Baswedan meninjau pemberian vaksin kepada atlet di Jakarta /Pikiran-Rakyat.com/ Amir Faisol



PRFMNEWS - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengatakan, vaksinasi Covid-19 terhadap atlet, pelatih, dan tenaga pendukung merupakan bentuk perhatian pemerintah.

Hal itu dikatakannya setelah Kemenpora melakukan vaksinasi Covid-19 tahap pertama untuk atlet, pelatih, dan tenaga pendukung dari 40 cabang olahraga (cabor) di Istora Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat 26 Februari 2021.

"Mereka ini kalau keluar negeri membawa nama bangsa. Membawa nama Indonesia. Jangan sampai dia tidak sehat, kemudian tertular. Apalagi sekarang pandemi Covid-19 masih tetap ada di negeri kita ini dan di negara-negara lain, jadi itu tujuannya," jelasnya saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Jumat 26 Februari 2021.

Baca Juga: Dimulai Hari Ini, Pemerintah Targetkan 5.000 Atlet Dapatkan Vaksin Covid-19 Tahap Pertama

Baca Juga: DPRD Kota Bandung Sebut Tempat Ibadah Masuk Kawasan Tanpa Rokok di Raperda KTR

Vaksinasi tahap pertama terhadap atlet sendiri dihadiri langsung oleh Wakil Presiden (Wapres) RI Ma'ruf Amin.

Rencananya, vaksinasi tahap pertama hari ini dilakukan kepada 820 atlet, pelatih dan tenaga pendukung.

"Tahap pertama ini kita rencanakan sekitar 820-an orang yang akan divaksin. Tadi sudah dimulai pukul 09.00 WIB nanti sampai pukul 17.00 WIB," ujar Zainudin.

Ia menyebutkan, Wapres Ma'ruf Amin berpesan kepada para atlet dan pelatih juga tenaga pendukung untuk tidak takut divaksin.

"Tadi Pak Wapres memberikan semangat kepada mereka untuk, 'jangan takut divaksin'. Karena ini untuk kebaikan mereka baik secara fisik maupun secara psikis," ujar Zainudin.

Baca Juga: Jadwal Liga Inggris Pekan Ini: Duel Chelsea vs MU, Man City, Liverpool, Arsenal

Baca Juga: Lantik 5 Kepala Daerah Terpilih di Jabar, Ridwan Kamil Beri Pesan Penting: Jaga Integritas

Adapun vaksinasi diprioritaskan bagi atlet, pelatih dan tenaga pendukung yang akan melakukan kegiatan event olahraga. Baik event olahraga di dalam negeri, maupun di luar negeri.

"Kita tahu bahwa di dalam negeri segera akan ada kompetisi bola basket, tentu dengan protokol kesehatan (prokes) ketat. Kemudian ada turnamen sepak bola," katanya.

"Kemudian luar negeri, ada All England akan segera berangkat. Ada persiapan ke Olimpiade. Persiapan ke Sea Games, dan beberapa kejuaraan-kejuaraan dalam bentuk kualifikasi. Baik dalam maupun luar negeri," lanjutnya.

Untuk tahap selanjutnya, lanjut Zainudin Amali, vaksinasi tidak akan dilakukan terpusat.

Baca Juga: Ditutup Hari Ini, Segera Daftar Kartu Prakerja Gelombang 12, Berikut Caranya

Baca Juga: Tahanan KPK Dapat Vaksin Covid-19, Alvin Lie : Koruptor Malah Diprioritaskan, Rakyat Harus Antre Belakangan

Atlet, pelatih dan tenaga pendukung dapat melakukan vaksinasi di daerah sesuai dengan daerah asalnya masing-masing.

Kemenpora akan melakukan koordinasi dengan Kementrian Kesehatan untuk berkomunikasi dengan Dinas Kesehatan di pemerintah daerah setempat, untuk memberikan pelayanan vaksinasi tahap kedua bagi mereka.

"Misalnya mereka sedang berada di daerah, kita komunikasikan dengan Kementrian Kesehatan, kemudian Kementrian Kesehatan komunikasikan dengan Dinas Kesehatan setempat untuk bisa divaksin di daerah saja," tandasnya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x