Eko Maung Khawatir Kerumunan Suporter Saat Nobar Turnamen Pramusim

- 20 Februari 2021, 21:42 WIB
Peneliti Hukum Olah Raga di Kemenkumham, Eko Maung
Peneliti Hukum Olah Raga di Kemenkumham, Eko Maung /PRFM

PRFMNEWS - Peneliti Hukum Olahraga Eko Noer Kristiyanto menilai keputusan Polri menerbitkan izin keramaian untuk penyelenggaran turnamen pramusim Piala Menpora 2021 adalah keputusan tepat.

Meski demikian, ia khawatir saat turnamen berlangsung, terjadi kerumunan atau kumpulan suporter yang mengadakan nonton bareng (nobar).

"Gimana dengan acara nobar baik formil ataupun tidak formil? Memang secara formil ga akan berani karena pasti ada teguran sesama suporter, tapi kalau ga formil segala macem gimana? Jadi bukan lagi soal aturan, tapi kesadaran suporter," ujar pria yang akrab disapa Eko Maung saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel, Sabtu 20 Februari 2021.

Baca Juga: Link Live Streaming Derby Merseyside Liverpool vs Everton Bisa Diakses di Sini

Baca Juga: Perpanjang SIM, Oded Tetap Antre Meskipun Berstatus Wali Kota Bandung, Nih Buktinya!

Dia mengatakan hal itu dengan mencontohkan gelaran Liga Champions.

Ia kerap melihat pecinta sepak bola menggelar nobar, dan tentu hal tersebut menimbulkan kerumunan.

"Saat Liga Champions saya lihat di time line temen-temen, mereka pada nobar malem-malem. Ada beberapa orang ke rumahnya, apalagi nanti kalau yang main tim lokal, agak khawatir," katanya.

Terlepas dari itu, ia meyakini jika PT LIB selaku operator turnamen pramusim sudah menyiapkan SOP penyelenggaraan Piala Menpora dengan matang. Ditambah, PT LIB juga sudah membuat simulasi pertandingan. 

"Kalau lihat kesiapan SOP, aturan main dan protokol kesehatan di pertandingan sudah cukup, sudah di-breakdown juga. Secara teknis sudah oke kalau buat pertandingan," katanya.

Dia juga yakin, tidak akan ada suporter yang memaksakan datang langsung ke stadion untuk menyaksikan tim kesayangan mereka berlaga. 

Baca Juga: Warga Jakarta Diminta Waspada Banjir, BMKG: Ada Potensi Hujan Lebat Sepekan ke Depan

Baca Juga: Jakarta Terendam Banjir, Anies Baswedan: Karena Cuaca Ekstrem

Selain karena pasti akan ada tindakan dari kepolisian, hal itu juga diyakini tidak akan terjadi lantaran adanya ancaman pemberhentian turnamen jika ditemui ada suporter yang nekat datang ke stadion.

"Ada rambu-rambu dan sanksi yang menyebut bisa sampai dihentikan (turnamen) kalau ada suporter ke stadion," katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan, suporter akan menjadi penentu suksesnya gelaran turnamen pramusim dan pemberian izin kompetisi. 

Pasalnya kesuksesan penyelenggaraan Piala Menpora akan menjadi indikator pemberian izin kompetisi.

"Secara tidak langsung yang memiliki andil, peran dalam menyukseskan Piala Menpora ini adalah suporter. Karena kan evaluasi nanti akan berdampak pada Liga 1. Jadi ini itung-itung pemanasan, mun baraleg, barener, dibere izin Liga 1. Saya pikir penentunya adalah suporter," tandasnya.***

Editor: Rian Firmansyah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x