Pengamat Otomotif Nilai Karakteristik Motor Ber-cc Besar Bisa Pengaruhi Psikis Pengendaranya

- 1 November 2020, 11:03 WIB
Harley-Davidson Low Rider S. /Instagram.com/harleydavidson_india
Harley-Davidson Low Rider S. /Instagram.com/harleydavidson_india /

PRFMNEWS – Baru-baru ini jagat maya dihebohkan dengan video pengroyokan terhadap dua anggota TNI oleh anggota klub motor besar di Bukittinggi, Sumatera Barat. Kejadian tersebut terjadi bermula saat adanya perselisihan antara anggota TNI dengan anggta klub motor tersebut, Jumat 31 Oktober 2020.

Menanggapi hal itu, Pengamat Otomotif dari Institut Teknologi Bandung, Yannes Martinus Pasaribu mengatakan karakteristik motor yang ber-cc besar dan termasuk kategori alpha itu dapat mempengaruhi psikis pengendaranya.

“Kita semua tahu motor Harley ini bisa dibilang sangat alpha. Karakteristiknya juga betul-betul menguasai jalan, mulai dari dimensi yang besar dan suaranya yang provokatif. Karakteristik ini mempengaruhi pengemudinya,” ungkapnya saat on air di Radio PRFM 107,5 News Channel, Minggu 1 November 2020.

Baca Juga: HDCI Bandung Sebut Tidak Terlibat Insiden di Bukittinggi

Terlebih dengan harga yang cukup tinggi, motor tersebut hanya bisa diimiliki sebagaian orang saja. Biasanya, lanjut Yannes, yang memiliki motor tersebut tergolong dalam orang yang ekonominya kuat.

“Biasanya memiliki itu kelompok yang ekonominya kuat kemudian punya jaringan bisnis, para pejabat, dan orang berpengaruh dalam politik. Pada saat mereka berkumpul mereka membangun spirit kesetiaan dalam kelompoknya,” ujar Yannes.

Dengan demikian, hal tersebut menimbulkan sebuah kepercayaan diri pada para penunggang motor gede tersebut.

Baca Juga: Dua Anggotanya Jadi Tersangka Insiden Pengeroyokan TNI di Bukittinggi, HOG SBC Hormati Proses Hukum

“Sehingga punya power di masyarakat, punya power di uang, punya power di kekuasaan politik dan sebagainya bergabung menjadi sebuah sinergi politik yang sangat luar biasa,” kata dia.

Halaman:

Editor: Haidar Rais


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x