Ini yang Terjadi Sebelum KA Taksaka Tabrak Truk di Yogyakarta Hari ini, Picu Masinis Harus Dirawat di RS

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Kereta api Taksaka (KA 70) alami kerusakan lokomotif, harus diganti lokomotif pengganti.
Kereta api Taksaka (KA 70) alami kerusakan lokomotif, harus diganti lokomotif pengganti. /KAI

PRFMNEWS - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mengungkap kronologi Kereta Api (KA) Taksaka menabrak truk di Perlintasan Sebidang (JPL 714) antara Stasiun Sentolo – Stasiun Rewulu, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada hari ini, Rabu 25 September 2024.

Kronologis KA 70 Taksaka rute Stasiun Gambir – Yogyakarta mengalami kecelakaan menabrak truk di JPL 714 wilayah Bantul Yogyakarta pada Rabu pagi diungkap Vice President Public Relations PT KAI Anne Purba.

Anne menjelaskan tabrakan KA Taksaka dengan truk di Bantul terjadi pada Rabu sekira pukul 03.52 WIB. Saat itu, supir truk dengan nomor polisi B 9240 UIQ menerobos pintu perlintasan yang sudah tertutup dan sirine berbunyi.

Baca Juga: Detik-detik Polisi Lepaskan Tembakan Bubarkan Tawuran Berujung Penemuan 7 Mayat Remaja di Kali Bekasi

Akibatnya, truk tersebut terjebak di tengah perlintasan padahal KA Taksaka sudah dekat akan melintasi jalur rel dan membuat temperan tak dapat dihindarkan.

Kereta api Taksaka yang mengalami kecelakaan pada Rabu pagi, 25 September 2024.
Kereta api Taksaka yang mengalami kecelakaan pada Rabu pagi, 25 September 2024.

Dampak kecelakaan ini, ungkap Anne, mengakibatkan terganggunya sejumlah perjalanan kereta api hingga mengalami keterlambatan waktu perjalanan, kerusakan pada bagian sarana KA New Livery Taksaka dan prasarana pos perlintasan.

Dia memastikan tidak ada korban meninggal dunia pada kecelakaan ini, penumpang dan Crew KA Taksaka selamat. Namun, petugas masinis dan asisten masinis (asmas) KA Taksaka mengalami cedera yang selanjutnya dirawat di Rumah Sakit (RS) PKU Muhammadiyah Wates.

Langkah pertama yang dilakukan KAI sesaat setelah terjadi temperan tersebut, imbuhnya, adalah memastikan semua penumpang dan Crew selamat dan percepatan evakuasi mengantisipasi kelambatan dengan cepat.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub