Musim Kemarau di Bandung Terasa Dingin Saat Pagi Akibat Bediding, Apa itu? Begini Penjelasan BMKG

Editor: Rifki Abdul Fahmi
Ilustrasi kedinginan.
Ilustrasi kedinginan. /Pixabay/ Katrina_S

PRFMNEWS - Warga Bandung tentu merasakan udara yang sangat dingin di pagi hari saat ini. Selama musim kemarau, beberapa daerah di Pulau Jawa termasuk Bandung Raya akan terasa lebih dingin dari biasanya.

Fenomena ini bukanlah cuaca ekstrem, BMKG mengungkap cuaca dingin di pagi hari saat musim kemarau adalah fenomena wajar yang dikenal sebagai bediding.

Apa Itu Bediding?

Mengutip dari laman BMKG, fenomena bediding adalah peristiwa di mana suhu udara terasa lebih dingin dari biasanya selama musim kemarau.

Kata "bediding" diambil dari bahasa Jawa, "bedhidhing," yang berarti dingin. Meskipun suhu siang hari tetap hangat akibat sinar matahari yang intens, malam dan pagi hari sering kali ditandai dengan udara yang sangat sejuk.

Fenomena ini sering terjadi pada bulan-bulan tertentu ketika perubahan kondisi atmosfer memengaruhi suhu di permukaan bumi.

Baca Juga: Bandung Masih Musim Kemarau Tapi Mulai Sering Diguyur Hujan, Begini Penjelasan BMKG

Penyebab Terjadinya Bediding

Dari perspektif klimatologi, fenomena bediding terjadi karena minimnya tutupan awan selama musim kemarau.

Hal ini memungkinkan panas yang tersimpan di permukaan bumi pada siang hari cepat dilepaskan kembali ke atmosfer pada malam hari dalam bentuk radiasi gelombang panjang.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub