Jokowi Beri Pesan ke TNI-Polri yang Hadir di IKN

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri, di Istana Negara IKN, Kamis (12/9).
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri, di Istana Negara IKN, Kamis (12/9). /

PRFMNEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada hari pertamanya ngantor di IKN, Presiden memberikan pengarahan kepada Pejabat Kotama TNI-Polri pada Kamis, 12 September 2024.

Dalam arahannya, Presiden berpesan kepada TNI dan Polri dapat membawa semangat transformasi yang ada di IKN untuk dikembangkan di wilayahnya masing-masing.

Jokowi meminta TNI-Polri untuk mengembangkan wilayahnya masing-masing dengan konsep pengembangan seperti di IKN.

“Saya ingin Saudara-saudara semuanya melihat IKN, melihat progres kota masa depan itu seperti apa, melihat semangat transformasi itu seperti apa. Agar apa? Agar semangat transformasi yang ada itu bisa Bapak-Ibu bawa pulang ke daerah, ke wilayah untuk dikembangkan di daerah masing-masing,’’ ucap Presiden.

Baca Juga: Detik-detik Pesawat Jet Berpenumpang Mendarat untuk Pertama Kalinya di Bandara IKN

Ia mengungkapkan, semangat transformasi tersebut dapat mencakup pembangunan gedung yang menerapkan standar bangunan hijau (green building), transportasi yang berbahan bakar ramah lingkungan, dan pemanfaatan energi hijau sebagai sumber pembangkit tenaga listrik.

Presiden menambahkan, pemerintah berkomitmen untuk mewujudkan cita-cita dan visi besar dalam pembangunan Indonesia sentris dalam rangka pemerataan dan keadilan.

“Bukan hanya Jawa sentris, tapi Indonesia sentris. Kemudian juga mewujudkan Indonesia Emas di 2045. Dua puluh tahun yang akan datang target kita, kita sudah mencapai GDP per kapita USD 23 ribu. Untuk apa mewujudkan Indonesia Emas 2045? Untuk kemajuan dan kemakmuran bangsa,” tegasnya.

Presiden mengatakan, untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan keberanian dalam mengambil keputusan-keputusan besar dengan segala risiko dan tantangan-tantangan yang ada. Untuk itu, ia mengimbau para pimpinan TNI dan Polri dapat menjalankan kepemimpinannya dengan baik sesuai wilayah kewenangan masing-masing.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub