Pesawat Jet Milik Balai Kalibrasi Mendarat Sempurna di Bandara IKN

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Pendaratan Perdana Pesawat Jet Berpenumpang di Bandara IKN, Kamis 12 September 2024
Pendaratan Perdana Pesawat Jet Berpenumpang di Bandara IKN, Kamis 12 September 2024 /Dok. Kemenhub

PRFMNEWS - Bandara di Ibu Kota Nusantara (IKN) telah bisa dijadikan landasan oleh pesawat. Hal ini dibuktikan saat pesawat Jet Longitude milik Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan (BBKFP) mendarat di Bandara IKN pada Kamis, 12 September 2024.

Pendaratan pesawat jet milik Balai Kalibrasi ini diumumkan oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi pada unggahan di instagramnya @budikaryas.

Disebutkan Budi, pendaratan pesawat jet itu berhasil dilakukan usai dilakukan berbagai proses kalibrasi dan serangkaian uji coba keselamatan penerbangan.

"Alhamdulillah, setelah melewati berbagai proses kalibrasi dan serangkaian uji coba keselamatan penerbangan, pesawat Jet Longitude milik Balai Kalibrasi @bbkfp_official berhasil mendarat di runway Bandara IKN dengan selamat dan sempurna," kata Budi dalam unggahan itu.

Baca Juga: Detik-detik Pesawat Jet Berpenumpang Mendarat untuk Pertama Kalinya di Bandara IKN

Disebutkan dia, pesawat jet itu terbang dengan kecepatan Ground speed 480 NM/jam atau 880 km/jam. Kecepatan yang ditempuh pesawat jet ini setara dengan kecepatan pesawat narrow body seperti Boeing 737 atau Airbus 320.

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Budi Karya Sumadi (@budikaryas)

Budi menceritakan, pendaratan pertamanya di Bandara IKN sangat berkesan dan luar biasa. Menurutnya, selain karena pendaratan yang mulus, ia dan penumpang lain juga disuguhi pemandangan IKN yang asri sebelum mengakhiri penerbangan.

“Sesaat sebelum mendarat, kami disuguhi pemandangan IKN yang asri dan mengagumkan. Ini sesuai dengan konsep besar awal pembangunan yang tetap mempertahankan unsur kehijauan,” terangnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub