Penjelasan MenPAN RB soal Keputusan Jadwal Pendaftaran CPNS 2024 Diperpanjang

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Jakarta, Senin, 13 November 2023.
Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas dalam rapat kerja bersama Komisi II DPR RI di Jakarta, Senin, 13 November 2023. /Kemenpan RB/

PRFMNEWS – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas angkat bicara terkait pemerintah memutuskan memperpanjang masa pendaftaran seleksi CPNS 2024 menjadi hingga 10 September.

MenPAN RB menyebut perpanjangan waktu pendaftaran seleksi CPNS 2024 menjadi solusi terbaik agar tidak ada pelamar yang dirugikan akibat kendala di lapangan yang muncul, salah satunya terkait pembelian dan pembubuhan meterai elektronik atau e-meterai.

"Kami terus berkoordinasi dengan masalah yang terjadi di lapangan dengan Badan Kepegawaian Negara dan Peruri. Salah satu opsi yang pemerintah ambil adalah dengan memperpanjang masa pendaftaran Seleksi CASN hingga 10 September 2024 pukul 23.59 WIB,” kata Menteri Anas di Jakarta, Kamis 5 September 2024.

Baca Juga: BKN Putuskan Meterai Tempel Boleh Digunakan untuk Pendaftaran CPNS

Anas menjelaskan bahwa masa pendaftaran seleksi CPNS 2024 melalui portal Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) sebelumnya akan berakhir pada tanggal 6 September 2024 pukul 23.59 WIB.

Namun dalam pelaksanaannya, terjadi kendala teknis terkait pembelian dan pembubuhan e-meterei yang menjadi penghambat proses penyelesaian pendaftaran para peserta seleksi CPNS 2024.

“Terkait hal ini, kami juga terus berkoordinasi dengan Peruri sebagai instansi pengampu e-meterei untuk segera mengatasi kendala yang terjadi serta juga menyiapkan opsi lainnya. Yang dapat dipastikan adalah keputusan yang diambil pemerintah tidak akan merugikan pelamar seleksi CPNS,” ujar dia.

Anas meminta seluruh pelamar CPNS 2024 untuk menyiapkan berkas pendaftaran dengan lebih seksama dan detail agar tidak terjadi kesalahan, menyusul diputuskannya perpanjangan waktu pendaftaran tersebut.

Sementara itu, Direktur Utama Peruri Dwina Septiani Wijaya menyampaikan, pihaknya telah berupaya maksimal untuk memulihkan layanan e-meterai yang mengalami lonjakan penggunaan yang cukup tinggi menjelang penutupan masa pendaftaran seleksi CPNS 2024.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub