Setuju Adzan Maghrib di TV Diganti Running Text Saat Misa Paus Fransiskus, MUI: Tak Langgar Syariat

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Indra Kurniawan
Sosok Paus Fransiskus tiba di Indonesia membawa misi perdamaian. MUI tanggapi misa Paus di Indonesia gantikan azan Maghrib di TV dengan running text. Pro kontra pun muncul | Foto: Humas PKB
Sosok Paus Fransiskus tiba di Indonesia membawa misi perdamaian. MUI tanggapi misa Paus di Indonesia gantikan azan Maghrib di TV dengan running text. Pro kontra pun muncul | Foto: Humas PKB /

PRFMNEWS - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyetujui adzan Maghrib di stasiun televisi (TV) nasional diganti running text atau teks berjalan saat misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta disiarkan live atau secara langsung pada Kamis, 5 September 2024 besok.

Ketua MUI Bidang Fatwa Asrorun Ni'am Sholeh menjelaskan penggantian siaran video-audio tayangan adzan Maghrib di TV menjadi teks berjalan saat misa akbar Paus Fransiskus yang disampaikan Kementerian Agama (Kemenag) ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), tidak melanggar aspek syariat Islam.

"Sebenarnya dari aspek syar’i, tidak ada yang dilanggar. Dan itu bagian dari solusi. Isunya bukan meniadakan azan. Hal itu untuk kepentingan siaran live misa yang diikuti jamaat Kristiani yang tidak dapat ikut ibadah di GBK," ujarnya di Jakarta, Rabu 4 September 2024.

Baca Juga: Minta Dukungan DPD, Pemkot Bandung Ingin Bandara Husein Direaktivasi hingga Pembangunan Flyover Baru

Ni'am mengatakan kebijakan tersebut harus dipahami sebagai penghormatan kepada pelaksanaan ibadah umat Kristiani.

"Konteksnya bukan karena Paus Fransiskus datang lantas azan diganti. Tetapi karena ada pelaksanaan ibadah misa secara live yang diikuti jemaat melalui TV secara live dan jika terjeda akan mengganggu ibadah," kata dia.

Ni'am lantas memberi contoh sederhana dengan mengibaratkan saat siaran bola live yang tayang berbarengan dengan waktu azan, maka azannya juga akan diganti dengan teks berjalan.

Baca Juga: KAI Jakarta Umumkan Daftar Kereta Api Berubah Pola Perjalanan Saat Kunjungan Paus Fransiskus

“Tidak ada masalah, ini soal kearifan lokal saja," sebutnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub