Alasan DPR Dukung Pertamina Perluas Wilayah Berlaku Syarat Beli Pertalite Wajib Punya QR Code

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Petugas SPBU Pertamina menggunakan pakaian adat pada peringatan Hari Pancasila hari ini Kamis, 1 Juni 2023.
Petugas SPBU Pertamina menggunakan pakaian adat pada peringatan Hari Pancasila hari ini Kamis, 1 Juni 2023. /Pertamina/

PRFMNEWS - Anggota Komisi VII DPR RI Mukhtarudin mendukung PT Pertamina (Persero) melalui PT Pertamina Patra Niaga yang memperluas cakupan wilayah pendaftaran QR Code sebagai syarat membeli BBM Subsidi jenis Pertalite.

Mukhtarudin mengapresiasi langkah Pertamina Patra Niaga menerapkan syarat pembelian Pertalite untuk kendaraan roda empat atau mobil wajib menunjukkan QR Code yang didapatkan setelah pemilik kendaraan mendaftar program BBM Subsidi Tepat Sasaran.

"Langkah Pertamina Patra Niaga menerapkan pendaftaran QR Code agar subsidi tepat sasaran patut diapresiasi. Hal ini diperlukan agar penyaluran Pertalite dan Biosolar bisa dinikmati mereka yang berhak," kata Mukhtarudin di Jakarta, Selasa 3 September 2024.

Hal itulah yang menjadi alasan Mukhtarudin mendukung Pertamina Patra Niaga memperluas cakupan wilayah berlaku syarat beli Pertalite pakai QR Code, karena dapat diketahui dengan detail siapa dan kendaraan apa yang membeli Pertalite sebab pembeli wajib menunjukkan QR Code.

Baca Juga: Harga Pertamax Turun Per 1 September Akibat Wilayah Beli Pertalite Pakai QR Code Meluas? Ini Kata Pertamina

Data pengguna Pertalite ini, menurutnya, akan sangat berguna untuk kebijakan pemerintah dalam pengaturan kendaraan yang berhak dapat BBM Subsidi.

"Dengan pendataan ini tentunya bisa diketahui dengan jelas siapa-siapa pengguna BBM Subsidi, sehingga bisa meminimalisir penyelewengan atau niat menyalahgunakan BBM subsidi. Karena itu memiliki QR Code seharusnya diwajibkan," ujar dia.

Oleh karena itu, dia meminta Pertamina Patra Niaga mendorong masyarakat pengguna kendaraan roda empat untuk segera mendaftarkan QR Code Pertalite.

Selain itu, pendaftaran Program BBM Subsidi Tepat Sasaran juga perlu diperluas cakupan wilayahnya, khususnya di Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) yang konsumsi BBM subsidinya paling tinggi.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub