Harga Pertamax Turun Per 1 September Akibat Wilayah Beli Pertalite Pakai QR Code Meluas? Ini Kata Pertamina

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rian Firmansyah
Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Pertamax Series dan Dex Series Mulai 1 September 2024
Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Pertamax Series dan Dex Series Mulai 1 September 2024 /HMS/

BANDUNG, PRFMNEWS – PT Pertamina Patra Niaga menjelaskan alasan harga BBM non-subsidi jenis Pertamax Series dan Dex Series mengalami penurunan mulai 1 September 2024.

Harga Pertamax Series dan Dex Series turun seiring penerapan perluasan wilayah pendaftaran BBM Subsidi Tepat Sasaran dari Pertamina agar mendapat QR Code untuk syarat membeli Pertalite.

Apakah perluasan wilayah pembelian BBM Subsidi Pertalite pakai QR Code atau barcode Pertamina berpengaruh terhadap penurunan harga Pertamax Cs?

Baca Juga: Shin Tae-yong Minta Timnas Bekerja Keras Saat Hadai Arab Saudi: Ini Pertama Kali Kita...

Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Heppy Wulansari menyampaikan bahwa penyesuaian berkala untuk harga BBM non-subsidi tiap bulan, baik tetap, naik atau turun akan terus dilakukan pihaknya.

Termasuk pada bulan September 2024, harga Pertamax Series dan Dex Series mengalami penurunan dan harga baru BBM non-subsidi tersebut sudah berlaku mulai tanggal 1 September 2024.

Namun Heppy menegaskan bahwa penyebab naik-turun harga BBM non-subsidi dipengaruhi oleh trend harga rata-rata publikasi minyak yakni Mean of Platts Singapore (MOPS) atau Argus.

Selain itu, faktor penyebab lain yang mempengaruhi perubahan harga Pertamax Series dan Dex Series adalah mempertimbangkan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika.

“Evaluasi dan penyesuaian harga untuk BBM Non-subsidi akan terus kami lakukan secara berkala setiap bulannya. Bisa tetap, bisa naik dan bahkan bisa turun, tergantung tren harga minyak dunia dan nilai tukar rupiah,” ujar Heppy dalam keterangan tertulis di laman resmi Pertamina Patra Niaga, Senin 1 September 2024.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub