Pemerintah Dorong Angkot dan Bus Diganti Pakai Armada Listrik, Pengamat Ungkap Tantangan ini

Penulis: Agung Tri Nurcahyo
Editor: Rifki Abdul Fahmi
Bus listrik Bandung
Bus listrik Bandung /Teman bus Bandung/

PRFMNEWS – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau transportasi umum berupa angkutan perkotaan (angkot) dan bus konvensional beralih menggunakan jenis kendaraan listrik. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi.

Tujuan penggunaan kendaraan listrik untuk angkot dan bus, ujar Menhub, merupakan bentuk keseriusan pemerintah dalam menghadirkan salah satu solusi mengatasi masalah polusi udara yang kian hari kian parah sekaligus menjalankan misi nol emisi dunia.

Merespons imbauan Menhub, Pengamat Transportasi dari Universitas Indonesia Ellen Tangkudung mengungkapkan, guna mewujudkan dan menyukseskan program konversi angkot dan bus menjadi menggunakan armada listrik, pemerintah perlu mendukung ketersediaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU).

“Sampai saat ini kendala ketersediaan SPKLU menjadi isu utama. Imbauan Menhub agar angkot dan bus umum beralih menggunakan kendaraan listrik, tentu harus diawali dengan perhitungan matang terkait ketersediaan SPKLU yang dapat diandalkan di berbagai lokasi,” kata Ellen, Selasa 27 Agustus 2024 dikutip dari ANTARA.

Baca Juga: BRT Bandung Raya Akan Layani 17 Koridor Mulai 2026, 40 Persen Gunakan Bus Listrik

Ellen menyebut meski Jakarta telah memulai penggunaan bus Transjakarta berbasis listrik, namun ketersediaan SPKLU masih menjadi tantangan signifikan yang harus dihadapi saat ini.

Dibandingkan kota lain, Jakarta sudah lebih siap dalam peralihan ke kendaraan listrik. Namun, rencana peralihan energi bagi angkot dan angkutan lainnya akan meningkatkan kebutuhan pasokan listrik.

Ia menilai Perusahaan Listrik Negara (PLN) perlu segera meningkatkan kapasitasnya. Hal ini penting agar pasokan listrik untuk kendaraan listrik dapat terjaga dengan baik.

“Penggunaan kendaraan umum berbasis listrik saat ini sudah terjadi di Jakarta. Beroperasinya bus Transjakarta berbasis listrik dapat dipelajari untuk mengetahui keuntungan dan kesulitan penggunaan kendaraan listrik,” paparnya.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub