Menohok! Begini Pesan Bahlil untuk Pemilik Pajero dan Fortuner yang Masih Isi BBM Bersubsidi

Editor: Rifki Abdul Fahmi
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia /Dok/esdm

PRFMNEWS - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia menjelaskan, pemilik kendaraan mewah seperti Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, atau mobil mewah sejenisnya tidak akan lagi dapat menikmati Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi.

Keputusan yang Bahlil ambil ini sejalan dengan penerbitan aturan baru terkait pendistribusian BBM bersubsidi yang lebih tepat sasaran. Kebijakan tersebut akan dituangkan dalam bentuk Peraturan Menteri ESDM, yang rencananya akan segera dirilis dalam waktu dekat.

Bahlil menegaskan, BBM bersubsidi seharusnya hanya digunakan oleh masyarakat yang benar-benar membutuhkan, khususnya mereka yang berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.

"Ketika subsidi ini tepat sasaran, maka akan melahirkan efisiensi dan langkah-langkah ini akan kita lakukan. Jadi jangan lagi mobil-mobil mewah pakai barang subsidi," kata Bahlil dikutip dari ANTARA yang diakses Rabu, 28 Agustus 2024.

Baca Juga: Kapan Pembatasan Pembelian BBM Subsidi Berlaku di Bandung? Simak Jawaban Pertamina

Meski demikian, Bahlil belum memberikan rincian lebih lanjut mengenai siapa saja yang akan masih diizinkan menggunakan BBM jenis Pertalite maupun Solar Subsidi.

Namun berdasarkan informasi yang diperoleh, aturan baru ini kemungkinan akan mengatur penggunaan BBM bersubsidi berdasarkan kapasitas mesin kendaraan atau Cubicle Centimeter (CC).

Kendaraan diesel dengan kapasitas mesin di atas 2.000 cc diperkirakan tidak akan lagi dapat mengisi Solar subsidi, sementara kendaraan bensin dengan mesin di atas 1.400 cc tidak akan dapat mengisi BBM jenis Pertalite.

Baca Juga: Syarat Beli BBM Pertalite Pakai Scan QR Code, Pertamina: Pembeli Tak Wajib Punya Aplikasi MyPertamina

Halaman:

Sumber: Antara News


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub