Agenda Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia Pada September Nanti

Penulis: Rifki Abdul Fahmi
Editor: Tim PRFM News
Paus Fransiskus dikabarkan akan mengunjungi Indonesia
Paus Fransiskus dikabarkan akan mengunjungi Indonesia /Reuters/Yara Nardi/

PRFMNEWS - Pimpinan Umat Katolik Paus Fransiskus akan melakukan kunjungan ke Indonesia pada awal September 2024 mendatang. Dalam kunjungannya ke Indonesia, ada beberapa agenda yang akan diikuti oleh Paus Fransiskus.

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono mengumumkan rencana kunjungan kenegaraan Paus Fransiskus selama berkunjung ke Indonesia mulai 3 September 2024 mendatang.

Heru menyampaikan, semua kegiatan Paus akan berpusat di Jakarta dan sekitarnya.

“Tanggal 3, 4, 5, dan 6 ada kedatangan tamu negara yaitu Yang Mulia Paus Fransiskus di mana tanggal 3 kedatangan, tanggal 4 adalah kegiatan kenegaraan diterima oleh Bapak Presiden, nanti detailnya Pak KPN yang menyampaikan,” ucap Heru dalam keterangan persnya di Istana Kepresidenan, Jakarta, pada Senin, 26 Agustus 2024.

Baca Juga: Vatikan Kirim Surat Pemberitahuan Paus Fransiskus Akan Datang ke Indonesia pada 3 September Nanti

Saat mengunjungi Jakarta, Paus akan menghadiri beberapa kegiatan seperti Misa Akbar di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK) dan Indonesia Sustainability Forum (ISF) di Jakarta Convention Center (JCC) yang akan digelar pada 5 September 2024 mendatang.

Semua kegiatan Paus di Jakarta diprediksi akan didatangi ribuan umat Katolik. Karenanya, untuk mengantisipasi kepadatan, Heru mengimbau masyarakat untuk memperhatikan pengalihan arus lalu lintas pada tanggal-tanggal penting tersebut.

“Sehingga saya mengimbau kepada masyarakat mencermati ini khususnya tanggal 5 untuk bisa memperhatikan–nanti akan dijelaskan oleh Kepala Dinas Perhubungan dari Polda maupun dari Kodam atau Kodim yang menyesuaikan khususnya arus lalu lintas di mana nanti ada pengalihan di titik-titik tertentu,” tuturnya.

Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri/Kepala Protokol Negara (KPN) Andy Rachmianto menambahkan, Paus juga diagendakan akan melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal dan Gedung Katedral.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub