Sambut HUT ke-79 RI, Imigrasi Luncurkan Paspor Merah Putih yang Bertema Nusantara

Penulis: Ema Rachmawati
Editor: Rian Firmansyah
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi resmi merilis desain paspor baru Indonesia, bertema Nusantara.
Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi resmi merilis desain paspor baru Indonesia, bertema Nusantara. /Instagram @ditjenimigrasi

BANDUNG, PRFMNEWS - Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi resmi merilis desain paspor baru Indonesia, bertema Nusantara. Perubahan desain ini dirilis pada 17 Agustus 2024, bertepatan dengan hari ulang tahun Republik Indonesia Ke-79.

Direktur Jenderal (Dirjen) Imigrasi Silmy Karim mengatakan, desain baru ini menekankan keamanan dengan tujuan memenuhi standar International Civil Aviation Organization (ICAO), guna mencegah pemalsuan.

Fokus pada kekuatan keamanan ini diharapkan memudahkan warga negara Indonesia bepergian ke luar negeri tanpa visa.

“Kita mulai dengan security, satu adalah kita bertujuan membuat paspor Indonesia membuat pengamanan dokumen perjalanan, kemudian mencegah dan mempersulit pemalsuan memenuhi standar dari International Civil Aviation Organization (ICAO), yang mana di sini mengatur standarnya dan tujuan daripada agar paspor kita bisa lebih kuat, karena sekuriti,’ kata Silmy.

Baca Juga: Preview dan Link Streaming Persita vs Persija di Liga 1 Malam Ini Pukul 19.00 WIB

Sementara itu, Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly dalam acara Peluncuran Desain Baru Paspor Republik Indonesia di Jakarta, Sabtu, mengatakan warna paspor tersebut berganti menjadi bernuansa merah dan putih yang merepresentasikan bendera Indonesia dari sebelumnya berwarna hijau kebiruan.

"Filosofinya senapas dengan kemerdekaan kita. Dengan pilihan warna ini, merah dan putih, menunjukkan identitas kita," ucap Yasonna.

Secara visual, paspor berdesain baru akan menggunakan desain yang lebih mencerminkan identitas budaya Indonesia. Warna yang digunakan pada desain baru memiliki nuansa merah dan putih untuk menggantikan nuansa warna hijau kebiruan pada desain lama paspor.

"Warna yang identik dengan Indonesia, yang membawa semangat perjuangan Indonesia, yaitu merah dan putih," kata dia.

Halaman:

Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Trending

Berita Pilgub